Sabtu, 11 Juli 2020

Hindari Makanan Pedas Agar Terhindar dari Wasir


Kamis, 20 Oktober 2016 | 14:37:56 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / rumahwasir.co.id

HEMOROID atau wasir atau diistilahkan ambien, termasuk masalah kesehatan yang banyak dialami masyarakat. Hemoroid yang merupakan pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena (varises), yang terletak di sekitar anus atau pada rektum bagian bawah.

Penyakit ini sering disertai rasa sakit dan kadang-kadang timbul rasa gatal pada anus serta tidak nyaman pada penderita. Meski jumlahnya jarang, komplikasi yang timbul pada penderita hemoroid ternyata bisa mengancam jiwa seperti anemia dan thrombosis.

Gejala klinis hemoroid yang timbul diantaranya rasa tidak nyaman, perdarahan, rasa gatal di anus, hingga rasa terbakar. Pertumbuhan Hemoroid atau wasir di Indonesia cukup signifikan, apalagi masyarakat Indonesia gemar masakan rempah dan pedas.

“Ditambah dengan pola hidup orang Indonesia dan konsumsi makanan pedas secara berlebihan. Ini merupakan salah satu faktor pemicu dari penyebab hemoroid,” kata Tim Medis Rumah Wasir dr. Asrul Muhadi, Sp. B.

Pola hidup tak sehat seperti kurang serat dan air putih juga menjadi pemicunya.  “Maka dari itu, harus ada pengelolaan terhadap gaya hidup kita sehari-hari agar penyakit ini tidak mendera,” tegas Asrul, dikutip dari Jawapos.com.

Walaupun bukan termasuk dalam jenis penyakit mematikan yang ganas, wasir adalah penyakit yang bisa mengganggu konsentrasi dan aktifitas  seseorang sehari-harinya. Bahkan, tidak jarang wasir ini menjadi momok yang menakutkan  sehingga seseorang tidak bisa menjalani hidupnya dengan baik.

Tim Medis Rumah Wasir menggelar kegiatan operasi wasir massal bagi para penderita wasir yang kurang mampu untuk mengobati wasir yang dideritanya selama ini. Dengan pengobatan menggunakan metode BEIM, para pasien wasir tidak perlu dirawat inap dan bisa langsung pulang, waktu pengerjaan juga relatif singkat hanya 15 menit dan tanpa dijahit.

“Sehingga memberikan kemudahan pasien tanpa mengganggu aktifitas pekerjaannya. Tentunya dengan menerapkan pola hidup sehat selanjutnya,” tutup Asrul.


Penulis: (cr1/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments