Senin, 13 Juli 2020

Langkah Tepat Saat Anak Alami Gejala Demam Berdarah


Jumat, 21 Oktober 2016 | 11:14:47 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

DEMAM berdarah menjadi penyakit tahunan yang selalu muncul. Penyakit ini muncul saat perubahan musim dan menyerang siapa saja. Para orangtua sebaiknya jangan panik jika buah hati mengalami gejala demam berdarah.

Gejala awalnya, anak akan mengalami demam tinggi. Rata-rata mendadak panas tinggi selama 2-7 hari. Anak bisa saja mengalami mimisan. Penyakit ini juga membuat anak lemah dan lesu disertai timbulnya bintik-bintik merah pada kulit. Gejala lainnya timbul rasa nyeri di bagian ulu hati.

Gejala selanjutnya terkadang akan terjadi pendarahan di hidung dan di bawah kulit. Terjadi pula muntah dan buang air besar berdarah. Bila sudah parah, maka penderita gelisah, tangan dan kaki dingin disertai keringat. Jika tidak segera ditolong akan menimbulkan kematian.

Pertolongan saat gejala awal timbul pada anak, orangtua dapat memberi minum buah hati sebanyak mungkin. Untuk mengurangi panas tinggi, kompres kepala anak agar panasnya turun. Lalu berikan obat penurun panas pada anak.

“Penderita sampai meninggal, kadang – kadang daya tahan tubuh seseorang berbeda. Misalnya kondisinya sedang lemah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok dr Lies Karmawati.

Penyebab lainnya juga disebabkan oleh tingkat keganasan masing – masing virus atau virulensi di tubuh penderita masing – masing berbeda. Virus DBD terbagi menjadi dua yakni Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) dan Dengue Shock Syndrome (DSS).

Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Kemudian infeksi sekunder dengan serotipe virus Dengue yang berbeda dari sebelumnya merupakan faktor resiko terjadinya manifestasi Deman Berdarah Dengue yang berat atau Dengue Shock Syndrome (DSS).

“Pengasapan atau fogging hanya dilakukan bila di lokasi ditemukan 3 kasus positif demam berdarah dengan radius 100 meter atau 40 rumah. Dan bila di daerah tersebut ditemukan banyak jentik nyamuk demam berdarah,” tutur Lies.


Penulis: (cr1/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments