Jumat, 10 Juli 2020

Ini Obat Herbal Anti Kolesterol


Sabtu, 22 Oktober 2016 | 11:08:11 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

BAWANG putih menjadi salah satu primadona dalam masakan. Jenis rempah yang satu ini menambah rasa sedap dan gurih. Untuk kesehatan, bawang putih juga memiki segudang khasiat.

Bawang putih yang memiliki nama latin Allium Sativum, juga mengandung Allicin dan Aliin yaitu zat sebagai daya anti kolesterol untuk mencegah penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi.

Allicin ini merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya di dalam bawang putih.

Zat ini merupakan zat anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih. Ekstrak bawang putih memiliki khasiat yang baik untuk obat.

"Bahwa bahan alam herbal saat ini sedang kembali populer. Salah satunya bawang putih dan  green tea. Bawang putih ampuh turunkan kolesterol," ungkap Dekan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) Mahdi Jufri, Jumat (21/10).

Di luar negeri, berbagai teknologi pengobatan herbal sudah lebih maju dibanding tanah air. Padahal Indonesia kaya dengan bahan alam dan rempah.

"Negara asing menang teknologi. Dalam pemrosesan itu belum kita kuasai. Ada 1 bawang putih sudah diekstrak tak berbau disana di negara Eropa dijual 80 pound dimana 1 botol isi 60 kapsul cukup mahal," jelas Mahdi.

Bukan hanya bawang putih, Mahdi mencontohkan buah mengkudu juga dimanfaatkan oleh negara Hawai. Indonesia baru sebatas mengolah bahan herbal menjadi kapsul yang sederhana.

"Indonesia kaya akan rempah tetapi teknologi belum memadai. Kalau di negara luar, ekstraknya dipisah-pisah lagi difraksinasi. Kita hanya dikeringin dimasukin kapsul," katanya.


Penulis: (cr1/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments