Minggu, 1 November 2020

Gugatan Pilkades Pematang Lumut Mulai Disidangkan


Rabu, 26 Oktober 2016 | 15:58:41 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

KUALA TUNGKAL - Gugatan terkait hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pematang Lumut, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Mei 2016 lalu, kini mulai disidangkan. Sebelumnya, hasil Pilkades Pematang Lumut digugat oleh Arifin Siregar, calon yang sempat dinyatakan menang namun kemudian dibatalkan oleh Pemkab Tanjabbar.

Kabag Hukum Setda Tanjabbar Maskuri menyebutkan, saat ini proses gugatan Arifin Siregar sudah memasuki sidang pemeriksaan awal di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jambi

"Sudah beberapa kali sidang. Kamis (27/10) besok akan dilanjutkan dengan agenda pembacaan esepsi dan jawaban dari pihak tergugat," sebut Maskuri, Rabu (26/10).

Disebutkannya, Pemkab Tanjabbar telah menunjuk empat orang kuasa hukum terkait gugatan ini. Selain itu, kata Maskuri, pihaknya juga mendapat kuasa dari Bupati Tanjabbar untuk mendampingin kuasa hukum terkait persidangan ini.

Terkait gugatan yang dilayangkan Arfin ini, Maskuri menyebut bahwa SK Bupati Tanjaabbar untuk membatalkan hasil Pilkades Pematang Lumut sudah sesuai prosedur. Ini disebabkan pada proses terjadinya pilkades terdapat aduan mengenai adanya daftar pemilih tetap yang ganda.

Ditanya apakah pemkab optimis bisa memenangkan perkara ini, Maskuri menyebut itu semua tergantung keputusan hakim berdasarkan bukti-bukti dipersidangan. "Kalaupun kalah nanti kan ada proses hukum selanjutnya, yang jelas SK Bupati sudah sesuai prosedur," pungkasnya.


Penulis: Muammar Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments