Rabu, 23 Oktober 2019

Wow, Pengguna Internet di Indonesia Melebihi Setengah Jumlah Penduduk


Jumat, 28 Oktober 2016 | 11:31:08 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

INTERNET telah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia. Pengguna jaringan raksasa inipun terus meningkat dari tahun ke tahun.

Yang terbaru, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) membeberkan hasil survei industri internet di Indonesia. APJII mengungkap bahwa pada 2016, total pengguna internet Indonesia mencapai 132,7 juta pengguna.

Angka ini meningkat bila dibandingkan hasil survei 2014, yakni hanya mencapai 88 juta. Dengan kata lain, jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini sudah melampaui setengah total penduduk Indoneia yang mencapai 256,5 juta (51,8%).

"Dari total pengguna internet yang ada, mayoritas diakses melalui perangkat mobile. Bahkan kalau di presentase bisa sampai 70 persen," ungkap Ketua Umum APJII, Jamalul Izza belum lama ini di Jakarta.

Hasil survei tersebut juga memaparkan penetrasi internet berdasarkan klasifikasi geografis, umur, dan pekerjaan. Misalnya berdasarkan geografis, Pulau Jawa masih mendominasi penetrasi internet di Indonesia.

Sementara berdasarkan umur, segmen umur 10-14 tahun mencatat penetrasi internet 100%. Kemudian berdasarkan pekerjaan, mahasiswa tercatat sebagai pengguna tertinggi, disusul karyawan swasta dan pekerja kesehatan.

"Penggunaan internet (di Indonesia) masih didominasi oleh media sosial dan hiburan, setelah itu baru orang cari berita. Dalam hal ini Facebook menjadi konten yang paling sering diakses setelah Instagram dan Youtube," sebutnya.

Sekadar diketahui, APJII saat ini menjadi asosiasi yang mewadahi lebih dari 1.000 anggota dan dipandang paling kredibel dalam menyampaikan laju pertumbuhan pengguna internet di Indonesia.


Penulis: (fab/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments