Kamis, 4 Juni 2020

7 Langkah Obati Nyeri Lutut


Senin, 24 Oktober 2016 | 11:38:33 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

NYERI lutut merupakan keluhan yang paling sering dialami masyarakat. Makin banyak aktivitas yang dilakukan seseorang sangat erat dengan nyeri lutut.

Nyeri lutut dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti Osteoathritis atau pengapuran sendi, cedera atau trauma pada lutut, tendinitis atau peradangan pada tendon lutut yang disertai kemerahan sekitar lutut, dan rematik.

Faktor seperti usia, berat badan, dan jenis olahraga tertentu seperti basket, lari dan melompat bisa memicu nyeri lutut.

Namun, tidak semiua pengidap akan merasakan gejala yang sama saat menderita sakit lutut.

“Ada beberapa gejala yang dapat menyertai sakit lutut seperti pembengkakan, lutut yang terasa kaku atau tidak bisa diluruskan. Bunyi gemeretak pada lutut. Kulit lutut berubah kemerehan dan hangat jika disentuh,” ungkap Pakar Nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, dr. Mahdian Nur Nasution, Sp.BS.

Berikut Tujuh Langkah Mengobati Nyeri Lutut.

1.Obat-obatan

Analgetik untuk mengurangi rasa nyeri yang dapat berupa obat minum atau obat topikal yang dioleskan di daerah lutut.

2.Fisioterapi

Teknik untuk mengurangi rasa sakit, tempurung lutut yang taping berupa latihan-latihan untuk meningkatkan mobilitas dan kekuatan serta teknik rehabilitasi yang terkait.

3.Injeksi USG

Injeksi steroid dan visco supplement dengan menggunakan Ultrasound Guided dapat menghilangkan rasa nyeri secara cepat dan dapat bertahan lama.

4.Platelet Rich Plasma

Merupakan teknik injeksi langsung ke sendi untuk mengurangi rasa nyeri, meningkatkan fungsi sendi dan perbaiki kerusakan tulang rawan.

5.Radio Frequency Ablation

Suatu prosedur yang digunakan untuk mengurangi nyeri dengan cara mengalirkan aliran listrik yang diproduksi oleh gelombang radio untuk memanaskan saraf tertentu.

6.Knee Support

Fungsinya untuk mengurangi rasa nyeri pada lutut dan memberikan proteksi dan pendukung serta fiksasi sendi lutut yang maksimal pada kaki sehingga mengurangi beban berat badan yang sepenuhnya disangga oleh sendi lutut.

7.Nutrisi
Nutrisi yang dapat menyerakan nyeri sendi yakni kacang kedelai, jeruk, kiwi, mangga, anggur, pepaya, ikan dengan omega 3, sayuran seperti terong, paprika, tomat dan kentang.


Penulis: (cr1/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments