Selasa, 2 Juni 2020

Cara Mengetahui Makanan Berformalin


Selasa, 01 November 2016 | 14:00:43 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / dok/jpnn

MAKANAN dengan Bahan Tambahan Pangan (BTP) berbahaya buruk bagi kesehatan. Salah satunya formalin. Formalin adalah larutan yang tidak bewarna dan baunya sangat menusuk.

Formalin biasanya digunakan sebagai bahan perekat untuk kayu lapis san disinfektan untuk peralatan rumah sakit serta untuk pengawet mayat. Formalin dilarang digunakan sebagai pengawet makanan namun hal ini disalahgunakan.

Formalin sangat berbahaya jika dihirup, mengenai kulit dan tertelan. Jika terhirup dapat menyebabkan iritasi saluran pernafasan. Jika mengenai kulit dapat menyebabkan luka bakar, reaksi alergi.

Jika tertelan akan menyebabkan rasa terbakar pada mulut, tenggorokan dan perut, sakit menelan, mual. Dapat juga merusak hati, jantung, ginjal, saraf dan otak. Konsumsi dalam jangka panjang akan menyebabkan kanker. Jika tertelan, formalin sebanyak 3 sendok makan dapat menyebabkan kematian.

Beberapa penyalahgunaan formalin pada pangan diantaranya mi basah, tahu, ikan segar, dan ikan kering. Dilansir dari bidang promosi kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok, sejumlah makanan dapat dikenali jika mengandung formalin.

1. Ciri-Ciri Mi Basah Berformalin
Tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es. Tidak lengket dan mi lebih mengkilat dibanding mi normal. Bau agak menyengat seperti bau obat formalin.

2. Ciri-Ciri Tahu Berformalin

Tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es. Tidak terlampau keras, kenyal namun tidak padat.

3. Ciri-Ciri Ikan Segar atau Hasil Laut Berformalin

Tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar. Warna insang merah tua dan tidak cemerlang, bukan merah segar dan warna daging ikan putih bersih. Bau agak menyengat seperti bau obat formalin. Tidak dihinggapi lalat.

4. Ciri-Ciri Ikan Asin Berformalin

Tidak rusak sampai 2 hari pada suhu kamar. Bersih cerah tidak berbau khas ikan asin. Tidak dihinggapi lalat.

5. Ciri-Ciri Baso Berformalin

Tidak rusak sampai 2 hari paa suhu kamar. Tekstur sangat kenyal. Bau agak menyengat seperti bau obat formalin.


Penulis: (cr1/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments