Senin, 3 Agustus 2020

Ini Gejala Anak yang Memakai Narkoba


Rabu, 02 November 2016 | 14:06:21 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

NARKOBA bisa dikenali sedini mungkin. Anak yang terkena narkoba bisa membuat kepribadiannya  berubah drastis. Pecandu narkoba akan menunjukkan perilaku yang jauh berbeda dibanding kondisi normalnya.

Hal itu terungkap saat DKM Masjid Agung Tasikmalaya menggandeng Satuan Narkoba Polres Tasikmalaya kota dan BNN memberikan penyuluhan kepada para pelajar dan ibu-ibu majelis taklim.

Kepala Satuan Narkoba Polres Tasikmalaya AKP Erustiana menerangkan, hal itu akibat adanya gangguan saraf yang disebabkan narkoba. “Yang pendiam bisa menjadi hyper aktif. Begitu juga sebaliknya,” kata dia saat menyampaikan materi kepada para pelajar di Masjid Agung Kota Tasikmalaya kemarin (29/10).

Sekretaris Imaroh Masjid Agung Kota Tasikmalaya H Tatang Farid mengatakan, peredaran narkoba semakin merajalela dan mengancam masyarakat, khususnya generasi muda.

Karena itu pihaknya ikut andil dalam menyelamatkan generasi muda melalui penyuluhan tersebut. “Dimana-mana kan narkoba kian marak beredar,” tuturnya.

Menurut dia, ini merupakan kegiatan pertama DKM Masjid Agung dalam upaya mencegah penyebaran narkoba di kalangan generasi muda. Ke depan, kegiatan serupa akan dilaksanakan secara rutin.

“Insya Allah nanti tiap tahun kita adakan kegiatan ini secara rutin,” katanya.

Dalam kesempatan itu Tatang menyampaikan penggunaan narkoba dari sudut pandangan hukum, fikih, akhlak dan segala konsekuensi dari narkoba itu sendiri. Apalagi, narkoba sangat dekat dengan pergaulan bebas.

Target utama kegiatan penyuluhan itu adalah menyelamatkan genersi muda, terutama kalangan pelajar daria bahaya narkoba. Sementara ibu-ibu majelis taklim sengaja dilbatkan agar bisa mengetahui jenis dan efek narkoba. Sehingga mereka dapat mencegah anak-anaknya agar tidak menggunakan barang berbahaya itu.

“Ibu-ibu diberi pengetahuan tentang narkoba supaya tidak mudah dibohongi oleh anaknya. Karena peran orang tua penting dalam hal ini,” terang dia.


Penulis: (rga/yuz/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments