Senin, 1 Juni 2020

Begini Saran Dokter Bagi Pasien Kanker Getah Bening


Jumat, 04 November 2016 | 14:13:28 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / dok/jpnn

KELENJAR getah bening berfungsi penting bagi tubuh. Fungsinya untuk mendistribusi sel darah putih ke seluruh tubuh untuk mencegah masuknya benda asing seperti bakteri dan virus.

Lalu bagaimana jika kelenjar getah bening ini diserang sel kanker?

Manajer Kerjasama dan Hubungan Alumni Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), Agung Waluyo, S.Kp., M.Sc., Ph.D menjelaskan kelenjar getah bening memiliki saluran yang berhubungan dengan jaringan di sekitarnya.

Maka saat sel itu lepas dan masuk ke cairan limfa, lalu kemudian masuk ke kelenjar getah bening atau limfa di sekitarnya, sel kanker akan tumbuh juga.

“Peluang hidupnya agak sulit dikatakan besar atau kecil, karena saling berkaitan dengan jaringan lainnya maka akan tumbuh juga bisa dimana-mana,” kata Agung yang juga fokus pada bidang Keperawatan Medikal Bedah.

Namun kondisi itu bisa terjadi pada pasien kanker yang lain atau kanker pada umumnya. Agung menyebutkan sel kanker tidak berbatas dan tidak berkapsul. Berbeda halnya dengan tumor yang memiliki batas seperti kuning telur di dalam putih telur.

“Contoh ada pasien kanker paru, lalu pasien kanker paru itu karena ada benda asing di dalamnya pasti akan batuk. Reaksi di batuk itu akan stimulus kanker dari satu lobus ke lobus lain, dari paru satu ke paru. Karena kanker tak berkapsul, tumor berkapsul,” jelasnya.

Agung menganalogikan sel kanker seperti serat pada buah dan biji kedondong yang menyebar di mana saja. Begitu pun sel kanker yang saat tumbuh menyerang atau menginvasi daerah di sekitarnya. Pengobatan kemoterapi, radioterapi, dan pembedahan menjadi ikhtiar yang wajib dilakukan.

“Dan kalau mau diambil juga susah. Pasti di daging kedondong yang paling luar pun kadang-kadang ada serat.  Pengobatan di kanker itu seperti kita berikhtiar layaknya negara Palestina dijajah Israel, walaupun rasanya tak mungkin menang, tetapi harus terus berusaha,” tuturnya.


Penulis: (cr1/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments