Minggu, 28 November 2021

Usai Menabrak Plt Sekda Tebo, Pelaku Sempat Ingin Pergi ke India

Sabtu, 12 November 2016 | 21:57:04 WIB


Mobil yang menabrak Plt Sekda Tebo saat diamankan polisi
Mobil yang menabrak Plt Sekda Tebo saat diamankan polisi / istimewa

JAMBI - Kasus tabrak lari yang menewaskan Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Tebo Arif Makruf Dahlan, Jumat (4/11) lalu sekira pukul 05.30 WIB, akhirnya terungkap. Pelaku bernama Irwansyah (46), warga RT 13 Kelurahan Batang Bungo, Kabupaten Bungo, juga telah diamankan, Jumat (11/11) malam sekira pukul 21.00 WIB.

Kabid Humas Polda Jambi AKBP Kuswahyudi Tresnadi mengatakan, dari pengakuan pelaku diketahui jika peristiwa tersebut bermula saat ia mengendarai mobil Kijang BA 1911 VF melintas di lokasi kejadian. Dikarenakan hari masih pagi, pelaku tidak melihat keberadaan korban.

"Pengakuan pelaku dia tidak sengaja menabrak korban," ujar Kuswahyudi, Sabtu (12/11).

Usai kejadian, pelaku kabur ke Kuamang Kuning, Kabupaten Bungo, dan sempat sekitar tiga jam bersembunyi di dalam hutan. Kemudian pelaku pergi ke Sungai Bengkal, Kabupaten Tebo, dan sempat membuang lampu depan mobil yang pecah ke sungai.

Dari Sungai Bengkal pelaku lanjut ke Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, dan meneruskan perjalanan ke Kecamatan Pelayang, Kabupaten Bungo. "Di sana pelaku bermalam di rumah kakaknya," kata Kuswahyudi.

Keesokan harinya, lanjut Kuswahyudi, pelaku berangkat ke tempat orangg tuanya di Pariaman, Sumatera Barat. Ditambahkan Kuswahyudi, pelaku juga sempat menyuruh saudaranya untuk menjual mobil yang digunakan saat kejadian.

"Pelaku juga berencana pergi ke India untuk belajar dakwah," ujarnya.

Namun Senin (7/11) lalu korban pulang ke rumahnya di Bungo. Mengetahui pelaku pulang, penyidik Satlantas Polres Bungo lantas mendatangi kediamannya.

"Setelah penyidik datang ke rumah, barulah pelaku mengaku kalau dia telah menabrak korban karena tidak sengaja," pungkasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments