Sabtu, 28 Maret 2020

Asupan Kalori untuk Penderita Diabetes


Kamis, 10 November 2016 | 11:44:11 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

BANYAK produk bagi para penderita diabetes (diabetisi) agar tetap bugar dalam menjalankan aktivitas. Salah satunya produk gula pengganti. Lalu bolehkah diabetisi mengonsumsi gula pengganti?

Pada prinsipnya, tidak ada larangan soal makanan yang dikonsumsi. Asalkan diabetisi mampu mengendalikan jumlah asupan kalori.

Hal itu diungkapkan Ahli Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Suharko Soebardi, SpPd-KEMD.

“Yang menjadi masalah pada penyandang diabetes adalah asupan kalori. Tiap bahan makanan itu punya kalori berbeda-beda. Dalam jumlah yang sama, 1 gram gula murni dengan 1 gram gula pengganti punya kalori yang berbeda,” kata Suharko, Rabu (9/11).

Sehingga, lanjutnya, manusia bisa hidup berkualitas. Suharko menjelaskan dalam satu hari manusia normal umumnya mengkonsumsi rata-rata 1500 kalori untuk wanita dan 1900 kalori untuk pria.

Tiap makanan, kata dia, mempunyai sumbangan kalori. Secangkir teh manis dan beberapa biskuit bisa jadi menyumbang 100-150 kalori.
Sementara gula pengganti mempunyai nilai kalori lebih rendah.

“Dengan rasa yang sama, tapi punya jatah kalori yang lebih. Orang harus berpikir kalau kalorinya sudah banyak, jatah kalori harus menyesuaikan. Orang diabetes harus lincah dalam berhitung berapa jatah kalori,” tutur Suharko.


Penulis: (cr1/JPG)
Editor:
Sumber: jawapos.com

TAGS:


comments