Rabu, 1 Desember 2021

SAD Sungai Dahan yang Terancam Kelaparan Akhirnya Dibantu Pemkab

Kamis, 01 Desember 2016 | 10:18:31 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / dok/metrojambi

MUARATEBO - Sejumlah Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di Sungai Dahan, Desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo yang terancam kelaparan karena tak bisa membuka lahan pertanian, akhirnya dibantu Pemkab Tebo.

Melalui Dinas Sosnakertran Kabupaten Tebo, SAD itu dibantu 50 paket sembako untuk 50 KK SAD Sungai Dahan. "Ada 50 KK (SAD) disana, masing-masing KK dapat 1 paket," ujar Alfi Rinaldi, Kadis Sosnakertran Tebo saat dikonfirmasi, Rabu (30/11).

Sementara itu Ahmad Firdaus, pendamping SAD Sungai Dahan membenarkan adanya bantuan itu. "Benar kemarin saya langsung mendampingi saat penyerahan paket Sembako," ujarnya.

Untuk diketahui, warga SAD setempat sempat kebingungan untuk mencari makan. Pasalnya pasca ada larangan pembukaaan lahan dengan cara membakar, warga SAD sulit untuk menggarap lahannya.

Padahal, biasanya SAD di sini membersihkan lahan dengan membakar. Sejak ada larangan itu mereka tidak berani membersihkan lahannya. Jadi mereka tidak bisa bertanam lagiSaat ini lahan sawah milik warga SAD sudah ditumbuhi ilalang dan tanaman liar. Sementara mereka hanya tahu cara membersihkan lahan tersebut dengan cara membakar.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments