Senin, 16 September 2019

Debat Pilkada, Siapa Paling Kinclong?


Selasa, 17 Januari 2017 | 10:15:22 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

DEBAT pasangan calon Pilkada selalu menarik untuk diikuti, meskipun biasanya debat hanya menarik bagi khalayak yang berpendidikan menengah ke atas dan wilayah perkotaan. Namun seiring dengan masifnya pemberitaan mengenai politik beberapa tahun belakangan ini, masyarakat mulai melek politik dan memberikan penilaian positif bahwa debat merupakan langkah baru dalam percaturan politik Indoensia.

Bahwa melalui debat ini para netizen dapat melihat dan mempelajari karakter, tampang, kecerdasan dan kemampuan, pengalaman, serta program yang dilontarkan calon. Masyarakat harus aktif mengikuti jalannya debat, untuk mencatat dan memberikan penilaian dari debat tersebut sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan pilihan, apakah calon pantas atau tidak menjadi kepala daerah lima tahuh ke dapan.

Debat Pilkada dapat diartikan adu argumen antara para calon tentang visi dan misi serta program kerja lima tahun kedapan. Debat yang berkualitas adalah debat yang menyajikan data ilimiah, tidak normatif, tetapi solutif melalui program-program yang masuk akal dengan indikator pencapian yang terukur. Misalnya dalam hal pendidikan, calon harus tahu berapa jumlah TK, SD, SMP, SMA, jumlah guru, bagaimana kualitas guru, kondisi sarana dan prasarana sekolah, kesejahteraan guru, serta segudang permasalahan lainnya, sehingga dapat membuat program solutif disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah dengan indikator pencapaian yang terukur ditahun pertama sampai tahun kelima.

Penulis: Mochammad Farisi, LL.M*,
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments