Selasa, 19 Oktober 2021

Atasi Uban, Coba Cara-cara Ampuh Ini

Rabu, 18 Januari 2017 | 22:07:43 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

Seiring bertambahnya usia, maka manuasia akan menemui saat dimana rambutnya dipenuhi uban. Ada yang senang, tapi tak sedikit juga yang risih dengan keberadaan uban.

Nah bagi anda yang ingin mengatasi uban tersebut, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, seperti dikutip dari laman Home Remedies, diantaranya

Kopi
Ternyata kopi tak hanya nikmat saat diminum. Kopi juga menyimpan manfaat lain, yakni untuk mengatasi uban. Kopi bisa digunakan untuk mewarnai rambut, namun biasanya tidak bertahan lama. Hanya saja, kopi ternyata mempunyai nutrisi untuk rambut, sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk merawat rambut.

Amla
Rambut uban juga bisa diatasi Amla, bahan dari India ini sangat terkenal untuk mengatasi berbagai masalah di rambut. Tak hanya uban bahan ini juga cocok untuk rambut rontok, kusam dan beruban dapat diatasi dengan Amla. Bahan ini dapat berbentuk minyak atau pasta yang dapat merevitalisasi pigmen alami rambut. Bahan ini juga kaya vitamin C dan antioksidan.

Henna
Henna merupakan bahan alami untuk mewarnai rambut yang terbuat dari tanaman. Henna dapat secara aman digunakan di rumah tanpa merusak struktur rambut. Namun, pewarna ini biasanya akan luntur dalam 8-12 minggu.

Daun sage
Tanaman ini telah lama dimanfaatkan untuk menutup uban. Bahkan rambut bisa tampak lebih hitam dengan membilasnya menggunakan teh daun sage. Dibutuhkan waktu dan konsistensi untuk mencapai hasil maksimal. Jadi, bersabarlah untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jus bawang merah
Salah satu cara yang tidak biasa dalam mengembalikan warna rambut yang beruban. Bahan ini kaya akan mineral dan nutrien untuk rambut lebih sehat, berkilau, dan kuat. Nutrien itu antara lain biotin dan sulfur.

Makanan
Jika Anda ingin menghindari pewarnaan, maka ada cara alami yang dapat Anda gunakan untuk mencegah bahkan mengembalikan uban, yakni dengan makanan. Konsumsi Vitamin B12 dan Vitamin C dipercaya dapat bermanfaat untuk mengatasinya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments