Kamis, 21 Oktober 2021

Masa Tenang, APK Paslon Ditertibkan

Minggu, 12 Februari 2017 | 20:52:11 WIB


Penertiban alat peraga kampanye di Kabupaten Sarolangun
Penertiban alat peraga kampanye di Kabupaten Sarolangun / Luncai Hendri

JAMBI – Masa kampanye Pilkada serentak 15 Februari 2017 telah berakhir, dan saat ini telah memasuki masa tenang. Terkait hal ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di tiga kabupaten di Provinsi Jambi yang menggelar Pilkada serentak, telah mulai melakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye (APK) setiap pasangan calon.

“Masa kampanye sudah usai, dan sekarang sudah memasuki masa tenang. Kewajiban KPU adalah menertibkan APK yang masih terpasang,” ujar Ketua KPU Tebo, Basri, Minggu (12/2).

“Penertiban APK kita lakukan di setiap kecamatan, dan dibantu Panwascam serta kepolisian. jika nantinya masih ditemukan ada APK yang belum ditertibkan, akan kita koordinasikan bersama Satpol PP,” tandasnya.

Penertiban APK juga dilakukan oleh KPU bersama Panwaslu Kabupaten Sarolangun. Tidak hanya APK yang dicetak oleh KPU, peneriban juga dilakukan terhadap APK yang dicetak oleh pasangan calon. Bahkan penertiban dilakukan hingga ke posko-posko tim pemenangan setiap pasangan calon.

“Saat masa tenang, tidak ada lagi APK yang terpasangan,” ujar komisioner KPU Sarolangun, Asriadi, saat dikonfirmasi.

“Untuk yang dipasang oleh timses paslon, seperti di posko pemenang, mereka sendiri yang membuka. Sebelumnya juga sudah kami rapatkan dengan tim paslon dengan instansi terkait,” lanjut Asriadi.

Asiadi juga mengimbau selama masa tenang, setiap pasangan calon tidak lagi melakukan aktivitas kampanye. Jika ada yang melanggar, lanjut Asriadi, bisa dipidana atau dijatuhi denda.

“Mari kita sama-sama menjaga situasi di masa tenang ini untuk tak lagi melakukan aktivitas kampanye. Situasi sudah kondusif saat ini, mari kita jaga bersama,” pungkasnya.

Penertiban APK paslon juga dilakukan Panwas Muarojambi. Panwas Muarojambi bahkan melakukan penyisiran untuk mencari APK paslon yang masih terpasang, untuk kemudian ditertibkan.

“Selain yang kita tertibkan, ada juga APK yang diturunkan sendiri oleh tim dari pihak paslon. Dan kita pastikan di hari pencoblosan nanti, tidak ada APK yang terpasang,” ujar Ketua Panwas Muarojambi, Hamdi Aziz, saat dikonfirmasi.


Penulis: Ade Sukma/Luncai Hendri/Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments