Setahun H Romi Hariyanto- H Robby Nahliyansyah Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat Tanjabtim

- Jumat, 17 Februari 2017 | 15:03 WIB
Bupati Tanjabtim Romi Haryanto ketika meninjau layanan kesehatan dan bertanya langsung ke warga
Bupati Tanjabtim Romi Haryanto ketika meninjau layanan kesehatan dan bertanya langsung ke warga

JAMBI - “ MERAKYAT “ adalah visi Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur periode 2016-2021 yang merupakan akronim dari “Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat” dalam hal ini masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

MERAKYAT mencerminkan kepribadian seorang pemimpin yang dekat dengan rakyatnya, peduli dengan permasalahan dan memahami kondisi serta kebutuhan masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan mereka.

Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam kepemimpinan H Romi Hariyanto dan H Robby Nahliyansyah dilakukan melalui lima misi:

1.    Meningkatkan pembangunan infrastruktur daerah yang berkualitas dan berwawasan lingkungan;
2.    Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan dan pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis agrobisnis, koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) investasi industri, kepariwisataan dan pemberdayaan masyarakat nelayan (maritim);
3.    Meningkatkan kualitas SDM melalui peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, pengendalian penduduk dan penerapan IPTEK;
4.    Mewujudkan masyarakat yang agamis, dan berbudaya serta  keamanan daerah yang kondusif;
5.    Mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah dan desa yang baik, bersih, transparan dan demokratis.
Kelima misi tersebut diimplementasikan melalui delapan pilar utama kebijakan pembangunan prioritas:
1.    Mengoptimalkan penyediaan infrastruktur daerah yang berkualitas;
2.    Meretas ketertinggalan wilayah sampai ke tingkat desa terutama desa–desa yang berbatasan dengan desa kabupaten lain;
3.    Membangun pusat–pusat pertumbuhan ekonomi secara terpadu dan terintegrasi dalam mendukung daerah sebagai pintu gerbang perekonomian provinsi;
4.    Pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan berbasis sektor unggulan wilayah;
5.    Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan dasar dan peningkatan layanan dibidang kesehatan, pendidikan, agama dan budaya;
6.    Meningkatkan daya saing daerah melalui pengembangan SDM, kesetaraan gender, pengendalian penduduk dan penerapan IPTEK;
7.    Menjadikan daerah tujuan investasi dan pariwisata berbasis kelestarian lingkungan;
8.    Membangun tata kelola pemerintahan yang efektif, efesien, bersih, demokratis dan terpercaya.

CAPAIAN TAHUN PERTAMA KEPEMIMPINAN H ROMI HARIYANTO-H ROBBY NAHLIYANSYAH
Beberapa program kegiatan dan kebijakan yang telah dilaksanakan di tahun pertama kepemimpinan H Romi Hariyanto dan H Robby Nahliyansah antara lain :
Dibidang infrastruktur telah dilakukan penyediaan alat berat berupa bulldozer sebanyak 2 unit untuk pemeliharaan jalan yang dikelola oleh UPTD PU, dari target 3 UPTD Tahun 2016 telah disuport alat berat untuk wilayah Kecamatan Sadu dan 2017 di Kecamatan Rantau Rasau.
Sedangkan infrastruktur jalan dan jembatan yang telah dibangun di tahun pertama melanjutkan pembangunan pengerasan jalan beton (rigid) menuju Kecamatan Dendang 9,4 Km, pengerasan jalan beton (rigid) ibukota Kecamatan Muara Sabak Timur  2,5 Km dan perbaikan jalan aspal dua jalur dari Simpang Rumah Sakit-Keramas menuju Gedung Bersama sepanjang 15 Km.

Selain infrastruktur jalan, dalam rangka mewujudkan infrastruktur yang berkualitas telah juga dibangun beberapa jembatan permanen (beton) diruas jalan menuju Desa Alang-alang sebanyak 4 unit dan di desa Catur Rahayu 1 unit.

Untuk membuka keterisolasian akses darat dari Desa Sungai Tawar menuju Simpang Palatuang, telah dibuka jalan sepanjang 7,1 km melalui kemitraan dengan TNI AD melalui kegiatan karya bakti TNI.

Dalam bidang pelayanan masyarakat telah dibangun 4 unit gedung baru untuk laboratorium, perinatology, paru dan kamar mayat dan telah dilakukan peningkatan status type RSUD Nurdin Hamzah dari type D ke C, juga yang tak kalah pentingnya adalah penyiapan 10 tenaga dokter spesialis.
Beberapa puskesmas juga telah dilakukan proses akreditasi dari 17 puskesmas telah dalam proses akreditasi sebanyak 3 puskesmas.

Dibidang pertanian salah satu gebrakan yang telah dilakukan dalam rangka menjaga alih fungsi lahan dan paningkatan pendapatan petani padi dengan mewajibkan kepada para PNS Pemkab Tanjung Jabung Timur membantu para petani dengan cara membeli beras lokal hasil produksi petani di atas HPP dengan melibatkan PLDPM dan Toko Tani sebagai penyalur.

Guna meningkatkan kapasitas SDM petani, bekerjasama dengan BPTP telah dibangun Techno Park (Taman Teknologi Pertanian) di kawasan KTM Geragai seluas 7 Ha dan akan dikembangkan dengan pembangunan kebun percontohan 25 Ha.

Selain itu, bekerjasama dengan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi telah dibangun kebun buah skala orchard seluas 30 Ha dari target 50 Ha di lokasi KTM Geragai sebagai lokasi agro wisata.

Untuk peningkatan nilai tambah hasil perkebunan melalui hilirisasi industri, khususnya perkebunan sawit melalui peran investor telah diinisiasi beroperasinya 1 unit pabrik pengolahan kelapa sawit PT Surya Gemilang Abadi Mandiri di wilayah kelurahan Teluk Dawan.

Dibidang ekonomi telah dibangun 2 unit pasar sehat tradisional yang berada di Desa Kota Baru dan penambahan fasilitas di pasar Talang Babat. Untuk mendukung kegiatan ekspor impor melalui pelabuhan Muara Sabak, telah dibangun fasilitas pendukung pelabuhan berupa jaringan listrik menuju pelabuhan dan revitalisasi sarana air bersih pelabuhan.

Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat kurang mampu, melalui program BSPS telah dibedah 401 unit rumah tidak layak huni pada desa/kelurahan di wilayah Kecamatan Mendahara.

Dibidang keagamaan, pada pelaksanaan MTQ ke 46 tingkat Provinsi Jambi di Merangin, Kabupaten Tanjung Jabung Timur berhasil meraih peringkat ke 4 dari posisi semula di peringkat ke 5.

Dibidang tatakelola pemerintahan, tahun 2016 untuk ke 4 kalinya Kabupaten Tanjung jabung Timur memperoleh hasil penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan dengan predikat CC.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Ketua DPRD : Kami Terus Bekerja, Kami Tidak Tidur

Kamis, 24 Maret 2022 | 13:14 WIB

Fadli Sudria Fasilitasi TPA Regional

Rabu, 4 Agustus 2021 | 08:01 WIB

PJ Gubernur Pamit ke DPRD Provinsi Jambi

Senin, 21 Juni 2021 | 14:45 WIB

Pj Gubernur Apresiasi Pemkab Tebo

Jumat, 18 Juni 2021 | 14:34 WIB

Sy Fasha Pimpin Misi Kemanusiaan Kota Jambi Peduli

Selasa, 15 Juni 2021 | 14:41 WIB
X