Senin, 3 Agustus 2020

Sekolah Unik, Pintu dan Jendela Tak Berdaun

Yayasan Pelita Raya Sediakan Asrama untuk Siswa Luar Daerah

Rabu, 29 Maret 2017 | 11:07:26 WIB


Konsep sekolah yayasan Pelita Raya yang tidak menggunakan daun pintu dan jendela
Konsep sekolah yayasan Pelita Raya yang tidak menggunakan daun pintu dan jendela / Jainal Abidin

JAMBI - Berbeda dengan kebanyakan sekolah lain yang mayoritas lingkungan sekolah tertutup, di sekolah ini justru terbuka. Pintu dan jendela baik kelas maupun kantor tidak menggunakan daun pintu dan jendela.

Sekolah unik tersebut yakni Yayasan Petika Raya. Ide konsep terbuka ini muncul untuk mengantisipasi dampak apabila terjadinya pemadaman listrik, sehingga siswa Pelita Raya Kota Jambi tak kegelapan maupun kepanasan berada di dalam ruang kelas.

Hal ini dikatakan Ketua Yayasan melalui Koordinator Yayasan Pelita Raya Kota Jambi, Muradi. "Konsepnya sengaja terbuka, biar siswa tenang belajar ketika PLN padam dan suasana kelas juga adem karena tidak terpasang daun pintu dan jendela kaca, hanya teralis besi," ujarnya, Senin (27/3).

Sejak awal didirikan yayasan ini kata Muradi, sekolah yang memiliki beberapa tingkatan ini hanya memiliki satu kepala sekolah, namun akhirnya yayasan memutuskan untuk memisahkan masing-masing kepemimpinan.

"Kalau untuk berdirinya dari awal 2004 dan hanya memiliki 1 kepala sekolah, sedangkan Pelita Raya terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Namun saat ini telah memiliki masing- masing kepala sekolah, sehingga lebih fokus memajukan sekolah," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments