Minggu, 29 Maret 2020

11 Ribu Siswa SMK di Jambi Ikut UNBK


Senin, 03 April 2017 | 10:17:00 WIB


Suasana UNBK di SMKN 4 Kota Jambi
Suasana UNBK di SMKN 4 Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dilakukan serentak di seluruh Indonesia mulai hari ini, Senin (3/4). UNBK akan dilakukan selama 4 hari ke depan, yakni tanggal 3-6 April.

Tercatat ada 11.735 orang siswa SMK yang akan mengikuti UNBK ini di seluruh Provinsi Jambi. Sementara sisanya 1.454 siswa masih melaksanakan UN dengan sistem Ujuan Nasional Kertas Pensil (UNKP).

“Total ada 13.189 siswa SMK yang mengikuti UN tahun ini,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, Agus Heryanto.

Ia berharap karena UNBK dan UNKP bukan lagi sebagai penentu kelulusan, maka hendaknya siswa mengerjakan soal dengan tenang. “Kita juga minta sekolah lebih jujur dalam melaksanakan ujian nantinya,” ujarnya.

Sedangkan untuk keamanan naskah soal UNKP, pihaknya memastikan soal dalam posisi aman. Karena, ada penjagaan ketat dari pihak kepolisian, sejak dari pendistribusian hingga soal diinapkan dan penyerahan naskah ke sekolah.

"Untuk sekolah sudah kita imbau untuk menjaga integritas, dengan tidak membocorkan soal. Karena siswa tinggal mencari nilai baik dalam kelulusanya," kata Agus.

Untuk itu, Agus juga menegaskan akan menindak tegas jika nantinya masih ada temuan sekolah yang membocorkan soal. Ia juga meminta, jika ada masyarakat atau pihak yang mengetahui kecurangan untuk melaporkan ke Disdik Provinsi Jambi.

Ia memastikan, penindakan tegas akan dilakukan karena itu merupakan pelanggran UU ASN dan kode etik. Untuk itu pihaknya mengharapkan kejujuran dari pihak sekolah."Jika ada pelanggran tindakan mulai dari penegguran hingga pemberhentian," pungkasnya.


Penulis: Anton
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments