Selasa, 14 Juli 2020

Peserta Ujian Paket Mencapai 710 Peserta


Senin, 03 April 2017 | 11:25:43 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

MUARABULIAN – Tahun ini Ujian Paket A, B dan C digelar bersamaan dengan Madrasah Aliyah (MA) pada 10 April 2017 mendatang.Di Kabupaten Batanghari, jumlah peserta ujian paket ini membludak dari tahun sebelumnya yang tidak mencapai 500 orang. Tahun ini, peserta ujian paket mencapai 710 orang

Soal ujian paket ini sendiri telah diterima Dinas Pendidikan Kabupaten Batanghari dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Jumat (31/3) lalu.
Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana PAUDNI, Dinas Pendidikan Batanghari, Sugianto SPd, mengatakan, jumlah peserta ujian oaket 2017 mengalami peningkatan dibanding 2016. "Total peserta ujian paket mencapai 710 orang," ujar Sugianto.

Mantan Kepala UPTD PDK Kecamatan Bajubang ini menjelaskan, peserta ujian paket A berjumlah 39 orang. Sementara peserta ujian paket B berjumlah 170 orang dan peserta ujian paket C berjumlah 501 orang.

"Kalau untuk jumlah tahun lalu saya lupa. Yang jelas angka peserta meningkat dari tahun sebelumnya,” sebutnya.

Sugianto mengatakan, Ujian paket C sendiri akan dilaksankan dibeberapa PKBM yang ada. "Nanti pesertanya akan mengikuti ujian di delapan PKBM,” katanya.

Teknis pelaksanaan sendiri adalah, ujian paket C akan menerapkan sistem pengawas silang antar PKBM. Nantinya pengawas dari satu PKBM akan mengawas ke kelompok belajar lain.

Sedangkan pendistribusian soal ujian paket C untuk tingkat SMA bekerjasama dengan Polsekta Muara Bulian. Soal baru bisa diambil sebelum ujian berlangsung.

Ditanya mengapa ujian paket tidak menggunakan CBT? Sugianto menjawab wacana tersebut akan dilakukan tahun depan.

"Tahun ini belum. Karena memang direncanakan tahun berikutnya, agar peserta ujian paket juga diujikan dengan berbasis komputer,” tuturnya.
Ia berharap, pelakasanaan ujian paket tidak ada kendala di setiap kelompok belajar. "Semoga ini bisa berjalan lancar dengan semestinya,” katanya.


Penulis: Junaidi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments