Sabtu, 6 Juni 2020

Hari Pertama, UNBK Molor 15 Menit Karena Listrik Padam


Rabu, 05 April 2017 | 13:39:25 WIB


Pelaksanaan UNBK di SMK PGRI 2 Kota Jambi
Pelaksanaan UNBK di SMK PGRI 2 Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dihari Kedua di SMK PGRI 2 Kota Jambi masih berjalan normal, meskipun dihari pertama pelaksanaan UNBK siswa harus molor 15 menit karena arus listrik di sekolah padam.

"Kemarin sempet padam selama 15 menit, karena di sekolah kita ada tukang lagi ngelas pagar lapangan volly, tapi sudah kita kondisikan untuk istirahat pengerjaannya hingga UNBK berakhir 6 Maret mendatang," ujar Kepala SMK PGRI 2 Kota Jambi, Muhri SE, Selasa (4/4) kemarin.

Untuk kesiapan UNBK, karena sebelumnya pernah melaksanakan, sehingga tahun ini persiapannya lebih matang. "Tahun ini kita kedua kalinya melaksanakan UNBK, jadi persiapan jelas lebih matang. Sekolah menyiapkan 130 unit komputer plus 4 unit cadangan," ujarnya.

Selain itu, sekolah juga menyiapkan sarana dan prasaran penunjang UNBK lainnya. "Kalau server kita siapkan 4 unit dan 1 unit cadangan untuk menampung 130 unit komputer di 4 ruangan UNBK," ungkapnya.

Tahun ini, pihaknya juga menampung siswa Kelas XII dari sekolah lain, karena sekolah tersebut belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri. "Ada 20 siswa dari SMK DB 3 melaksanakan UNBK di sekolah kita, karena mereka belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri," sebutnya.

Untuk menampung 20 siswa ini, sekolah menggabungkan dengan siswa SMK PGRI 2 dalam melaksanakan UNBK yang dibagi menjadi 3 sesi. "Karena pelaksanaan UNBK 3 sesi, jadi masing- masing sesi dari SMK DB 3 sebanyak 7 orang," jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMK DB 3 Kota Jambi, Asep Muliana menyatakan, pihaknya tahun ini melaksanakan UNBK bergabung dengan SMK PGRI 2. "Ini perdana kita melaksanakan UNBK di sekolah lain," ujarnya.

Dikatakannya, kenapa memilih SMK PGRI 2 menjadi lokasi UNBK SMK DB 2, karena dirinya menilai sekolah ini siap apabila ada siswa dari sekolah lain yang bergabung melaksanakan UNBK.

"Dari Disdik Provinsi menawarkan 2 sekolah, yakni SMK PGRI 2 dengan SMK Praskap. Karena SMK Praskap sudah ada sekolah lain yang bergabung, jadi kita memilih bergabung di SMK PGRI 2 saja," paparnya.

Untuk pelaksanaan UNBK berikutnya, dirinya optimis bisa melaksanakan secara mandiri, dan tidak lagi bergabung dengan sekolah lain. "Kendala kita saat ini kekurangan server dan teknisi, sehingga belum berani mengambil resiko melaksanakan UNBK secara mandiri,
kedepannya kita yakin bisa mandiri," sebutnya.

Pada pelaksanaan UNBK di SMK PGRI 2 ini juga ada pengamanan dari kepolisian Polsek Jambi Selatan sebayak 2 personil. "Kita diturunkan dari Polsek Jambi Selatan mengamankan pelaksanaan UNBK di SMK PGRI 2 hingga 6 April mendatang," ujar Ari Nopriadi personil dari Polsek Jambi Selatan.

Dalam pengamanan ini, dirinya dan rekannya mengamankan proses pelaksanaan UNBK seperti kebocoran soal, siswa yang membawa HP, dan lain sebagainya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments