Rabu, 21 Oktober 2020

Belum Cair, Sejumlah Sekolah Pertanyakan Dana BOS


Rabu, 05 April 2017 | 11:54:29 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

KERINCI - Sejumlah sekolah di Kabupaten Kerinci mempertanyakan anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan pertama tahun 2017 yang sampai saat ini belum cair. Pasalnya berbagai biaya sekolah dibiayai dari dana pemerintah tersebut.

Salah satu Kepala Sekolah di Kecamatan Kayu Aro yang tidak mau dituliskan namanya mengatakan, biasanya pada bulan ketiga BOS sudah dicairkan. Namun hal ini belum ada kejelasan. "Biasa per triwulan bulan ketiga sudah di sekolah," katanya, Selasa (4/4).

Ia berharap pencairan dana Bos tersebut bisa lebih cepat. Untuk memaksimalkan kegiatan sekolah termasuk gaji guru honor sekolah.
Sebab untuk tenaga guru honor dan tata usaha harus dibayarkan dalam waktu cepat. "Kita berharap bisa lebih cepat cair," ujarnya.

Kadis Pendidikan Kabupaten Kerinci, Amri Swarta menyampaikan, anggaran dana BOS memang belum cair. Namun sedang diupayakan dalam bulan ini bisa dicairkan ke sekolah. "Memang belum cair. Tapi kita upayakan secepatnya, dalam bulan ini lah," ungkapnya.

Amri menyebutkan, dana BOS tahun 2017 besaran tiap daerah sudah disiapkan. Selain itu ada perubahan dibanding tahum dulu penggunaannya. Kalau tahun dulu, ada 13 sasaran, sekarang hanya 11 kegiatan yang bisa dibiayai dana BOS.

"Tahun ini boleh untuk honor guru. Atau bagi guru honor yang sudah mempunyai NUPTK, ditambah SK bupati," jelasnya.

Untuk besaran guru honor BOS tahun 2017 tingkat Sekolah Dasar (SD) sebesar Rp 3,6 miliar per-triwulan. Sedangkan SMP Rp 1,5 miliar per triwulan. "Yang menerima Pemkab Kerinci setiap unit sekolah kecuali swasta. Sistem penyaluran dari rekening bank. Untuk BOS kita akan MoU dengan Bank Jambi," katanya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments