Kamis, 2 April 2020

Siswa Lebih Fokus, UNBK Dinilai Baik Dari UNKP

Hari Terakhir, Internet Tetap Jadi Kendala

Jumat, 07 April 2017 | 11:38:28 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK di Provinsi Jambi berakhir kemarin. Pantauan Metro Jambi, di sejumlah sekolah yang melakukan UNBK, masih ditemukan masalah jaringan internet yang sering putus.

Namun demikian, secara umum pelaksanaan UNBK tak ditemui kendala berarti. Justru, sekolah-sekolah yang baru perdana melakukan UNBK, merasa lebih nyaman ketimbang melakukan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Seperti di SMK Revani Indra Putra Kota Jambi. Di sekolah ini ada 88 orang siswa Kelas XII mengikuti UNBK. Meskipun baru perdana mengikuti UNBK, namun siswa dinilai lebih bisa fokus ketimbang UNKP.

"Nampaknya mereka lebih tenang, lebih santai mengerjakan soal ujian. Dari pada mengunakan kertas, siswa tampak lebih tegang dan cemas," kata Kepala SMKN Revani Indra Putra Kota Jambi, Emrizal.

Ia mengatakan, dalam melaksanakan UNBK ini pihaknya tidak menemukan kendala. Termasuk, masalah putusnya jaringan internet dan listrik yang padam seperti beberapa sekolah lain.

"Alhamdulillah sekolah kita aman dan lancar tidak ada pemadaman listrik atau gangguan jaringan internet," sebutnya. Meskipun tidak menemukan kendala, pihaknya juga sudah mengantisipasi selama UNBK berlangsung dengan menyiapkan komputer cadangan jika komputer yang digunakan siswa mengalami kendala.

"Kalau komputer sekolah menyiapkan 33 unit termasuk 2 cadangan untuk 88 orang siswa dari 3 jurusan. Tapi nampaknya dari Senin sampai hari ini (kemarin, red) komputer cadangan tidak terpakai," paparnya.

Di sekolahnya, jelas Emrizal, selama ujian berlangsung diawasi oleh pengawas silang. “Kita ada dari SMKN 1 Kota Jambi sebanyak 2 orang," pungkasnya.

Namun berbeda dengan SMK 1 Kota Jambi. Di sini, pada pelaksanaan UNBK masih ditemui kendala jaringan internet. "Ya hari ke 3 sempat terjadi jaringan internet lemot selama 30 menit, tapi hanya dibeberapa ruangan. Untunglah bisa diatasi, di hari terakhir ini lancar,” ujar, Kepala SMKN 1 Kota Jambi, Edward Toni.

Pada hari terakhir tersebut, materi ujian di SMK ini yakni mata pelajaran produktif atau jurusan. Selama ujian, SMKN 1 menyiapkan komputer 168 unit untuk 388 orang siswa Kelas XII. "Untuk UNBK kita siapkan 168 unit komputer untuk 388 orang yang dibagi menjadi 3 sesi ujian," pungkasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments