Kamis, 22 Oktober 2020

Di MA Laboratorium, 1 Siswa Tak Ikuti UNKP


Senin, 10 April 2017 | 14:30:45 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) mulai digelar hari ini hingga 4 hari ke depan (10-13 April).

UN ini serentak digelar diseluruh Indonesia, baik untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).
Salah satu sekolah yang akan menggelar UN adalah Madrasah Aliyah (MA) Laboratorium Kota Jambi. Tercatat sebanyak 76 siswa Kelas XII akan mengikuti UNKP.

Hal ini dikatakan Kepala MA Laboratorium, Sissah. "Untuk pelaksanaan ujian nasional, MA Labor melaksanakan UNKP yang akan diikuti sebanyak 76 siswa Kelas XII," ujarnya, akhir pekan kemarin.

Namun dari data peserta UNKP tahun ini, dirinya mengaku tidak semua siswanya mengikuti ujian. Ini karena, satu siswanya mengundurkan diri akibat tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Benar, satu siswa yang berinisial MI tidak mengikuti UNKP karena mengundurkan diri," katanya.Terkait persiapan MA tersebut yang akan melaksanakan UNKP hari ini, pihaknya telah menyiapkan beberapa ruangan yang akan digunakan siswanya melaksanakan ujian.

"Kita siapkan 5 ruangan yang telah dikondisikan dengan dilengkapi pendingin ruangan untuk 76 siswa dari 2 jurusan yang ikut UN," ungkapnya.
Selanjutnya, untuk soal UNKP sendiri, MA Laboratorium Kota Jambi akan mengambil soal ke Disdik Kota Jambi pada Senin paginya sebelum pelaksanaan ujian dimulai.

"Karena ujiannya baru dilaksanakan pada pukul 10.30 Wib-12.30 Wib, jadi soal baru bisa diambil pukul 08.30 Wib dengan materi soal Bahasa Indonesia pada hari pertama UNKP," sebutnya.

Dirinya menyebutkan, dalam pendistribusian soal ujian, pihaknya dilakukan pengawalan ketat dari kepolisian untuk memastikan soal ujian siswanya aman. "Polisi akan mendampingi soal hingga soal didistribusikan dan soal dikembalikan setelah pelaksanaan untuk mengantisipasi kebocoran dan kecurangan yang dilakukan sekolah," jelasnya.

Kemudian, ia berharap siswanya yang melaksanakan ujian lebih menyiapkan diri baik dari persiapan materi maupun mental, sehingga tidak terkendala dalam mengerjakan soal ujian.

"Sebelumnya juga kita lakukan doa bersama siswa Kelas XII, supaya dalam melaksanakan ujian lebih tenang dan fokus dalam mengerjakannya," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments