Jumat, 25 September 2020

Ratusan Anak TK Diajar Cuci Tangan dan Sikat Gigi


Rabu, 12 April 2017 | 11:57:12 WIB


Ketua TP PKK Kota Sungaipenuh, Hj Emi  Zola bersama Kadis Kesehatan Kota Sungaipenuh, Eddy Zulyadi, Camat Sungai  Bungkal dan anak-anak TK se-Kecamatan Sungai Bungkal
Ketua TP PKK Kota Sungaipenuh, Hj Emi Zola bersama Kadis Kesehatan Kota Sungaipenuh, Eddy Zulyadi, Camat Sungai Bungkal dan anak-anak TK se-Kecamatan Sungai Bungkal / Dedi

SUNGAIPENUH - Ratusan anak Paud dan TK se-Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungaipenuh, Selasa [11/4], mengikuti gerakan cuci tangan dan sikat gigi massal.

Gerakan cuci tangan dan sikat gigi massal ini dilaksanakan TP PKK Kota Sungaipenuh bersama Dinas Kesehatan Kota Sungaipenuh.

Acara ini digelar di Puskesmas Sungai Bungkal yang dihadiri Ketua TP PKK Kota Sungaipenuh, Hj Emi Zola Asafri, Kadis Kesehatan Kota Sungaipenuh, Eddy Zulyadi, Camat dan tamu undangan lainnya.

Ketua TP PKK Sungaipenuh, Hj Emi Zola Asafri mengatakan, acara ini merupakan kegiatan TP PKK Sungaipenuh bersama Dinas Kesehatan Kota Sungaipenuh. Tujuannya mengajarkan kepada anak untuk berpola hidup sehat.

"Kesehatan anak menjadi fokus perhatian kita saat ini. Untuk itu kita perlu mengajarkan kepada anak usia dini pola hidup bersih terutama anak Paud dan TK," ujar Emi Zola.

Menurutnya, pola hidup bersih tentu banyak manfaatnya seperti menghindarkan diri dari berbagai penyakit. Untuk itu kegiatan ini diharapkan bisa bermanfaat dan anak-anak bisa terbiasa mengerjakannya di rumah masing-masing.

Ada tiga cara cuci tangan dan sikat gigi yang benar agar terbebas dari kuman yang menyebabkan sakit perut dan merusak gigi, lanjut Emi, pertama mencuci tangan setiap selesai melaksanakan aktifitas seperti selesai bermain, memegang hewan dan BAB, kemudian merawat gigi dengan cara mengosok gigi secara teratur, cara yang kedua, menghindari makanan-makanan yang manis seperti permen, coklat dan lain sebagainya, cara yang terakhir rajin lah memeriksa gigi ke dokter gigi minimal enam bulan sekali.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Sungaipenuh, Eddy Zulyadi mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih 100 orang. ‘’Mereka berasal dari 6 TK di Kecamatan Sungai Bungkal," katanya.

Menurut Eddy, kegiatan ini dilaksanakan untuk mewujudkan Sungaipenuh sehat. "Kita akan budayakan hidup bersih dan sehat sejak dini, dengan cara membiasakan mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas dan bermain, juga mengosok gigi secara teratur. Ke depan Puskesmas Sungai Bungkal akan kita jadikan puskesmas ramah anak," katanya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments