Selasa, 21 Agustus 2018

Warning Kades, DPMPD Tebo: Jangan Nakal Kalau Gunakan Dana Desa


Kamis, 20 April 2017 | 10:11:56 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

MUARATEBO - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tebo mengingatkan kepada seluruh Kades agar tidak nakal dalam pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) di wilayahnya.

Sebab, selama ini DPMPD menilai masih ada sebagian oknum pelaksana kegiatan maupun oknum Kades yang nakal.

“Masalah ini sudah ditegaskan dalam bimtek beberapa waktu lalu, untuk tahun 2017 tidak ada lagi verifikasi pengajuan. Juga, akan dilihat jika perangkat desa tidak difungsikan, apapun yang terjadi maka resikonya tanggung sendiri,” ujar Plt Kepala DPMPD Tebo, Suyadi, Rabu(19/4).

DPMPD Tebo menghimbau kepada 107 desa penerima ADD dan DD supaya melakukan perencanaan matang. Hal ini guna meminimalisir resiko kesalahan dalam pelaporan dan pelaksanaanya harus transparan serta memfungsikan semua perangkat desa sesuai bidangnya.

Di dalam rapat kordinasi (Rakor) antara DPMPD dan Camat dalam kegiatan ADD dan DD di wilayah masing- masing, camat yang harus melakukan pengawasan dan monitoring langsung ditingkat bawah. Dijelaskannya, program kegiatan ADD dan DD tahun 2017 ini masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), saat ini lagi dalam proses penyusunan. “Kegiatan ADD dan DD tahun ini APBDes-nya lagi disusun,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Tebo menganggarkan ADD tahun 2017 ini sebesar Rp 85 milar. Sedangkan untuk DD sendiri sebesar Rp 66 miliar.  Menurut Suyadi, kegiatan ADD maupun DD pada tahun 2016 lalu sudah terserap semua. “Dalam pelaksanaannya sudah lebih baik dari tahun sebelumnya, karena ada inspektorat yang mengawasi dan melakukan evaluasi serta bimbingan,” katanya.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments