Sabtu, 6 Juni 2020

Tanamkan Nilai- nilai Perjuangan Pahlawan Lewat Peringatan Hari Kartini


Minggu, 23 April 2017 | 16:34:07 WIB


Murid-murid TK Pembina I saat memperingati Hari Kartini
Murid-murid TK Pembina I saat memperingati Hari Kartini / Jainal Abidin

JAMBI- Peringatan Hari Kartini tiap tahun diadakan berbagai kalangan dan instansi. Berbagai acara disajikan untuk mengenang tokoh pejuang wanita ini. RA Kartini dikenal sosok pejuang gender yang mengangkat harkat dan martabat perempuan di nusantara. 

Setelah beberapa tahun tidak pernah mengadakan peringatan ini, Taman Kanak- Kanak (TK) Pembina I Kota Jambi kembali  memperingati jasa Kartini itu dengan beberapa kegiatan di sekolah, pada Jum' at (21/4).

Kepala TK Pembina I Kota Jambi, Letti mengatakan, peringatan hari Kartini dilakukan untuk menumbuhkan sikap siswa mengenang perjuangan pahlawan wanita yang mempunyai tekad mengangkat harkat martabat perempuan Indonesia.

"Sekolah memperkenalkan sosok RA Kartini, meskipun tidak melihat sosoknya langsung, dari cerita guru dan memperingatinya anak akan mengerti," ujarnya.

Sebenarnya bukan hanya sosok Kartini saja yang anak didik perlu tahu, pahlawan perempuan lainnya juga masih banyak yang berjuang pada masa penjajahan dahulu. "Sedikit banyak anak didik kita harus tahu nama- nama pahlawan dan kisah perjuangannya, sehingga rasa kemanusian tertanam sajak dini," katanya.

Disebutkannya, meskipun sekolahnya baru pertama kali mengadakan setelah tahun- tahun sebelumnya absen, namun diharapkan kedepannya peringatan ini akan terus dilakukan.

"Dulu sempat vakum beberapa tahun tidak mengadakan peringatan Hari Kartini, Alhamdulillah tahun ini TK Pembina I bisa memperingatinya di sekolah," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, para guru dan anak didik mengenakan pakaian kebaya modern dan untuk anak didiknya yang laki- laki ada yang mengenakan pakaian batik lengkap dengan penutup kepala khas jambi (lacak) dan pakaian muslim karena hari Jumat.

Selain kegiatan mengajar dan belajar di kelas, para guru juga menceritakan kisah perjuangan Kartini dan anak didik menyanyikan lagu Ibu kita Kartini secara bergantian.

"Supaya mereka tahu dengan mendengarkan kisahnya dari guru dan diminta menyanyikan lagunya," harapnya.

Ia mengharapkan dengan kegiatan ini meskipun bukan sebagai keharusan anak untuk memperingati, namun ada nilai karakter yang bisa diambil.

"Tentunya semuanya itu butuh proses dan perjuangan, apalagi ingin memajukan bangsa dan negara diharuskan sungguh- sungguh memperjuangkannya,'' katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments