Sabtu, 6 Juni 2020

Yayasan Baiturahim akan Gelar Khataman Al-Qur'an Tingkat SD dan SMP


Rabu, 26 April 2017 | 10:37:51 WIB


Sekretaris Yayasan Baiturrahim Jambi, Drs H M Rivai Mpd
Sekretaris Yayasan Baiturrahim Jambi, Drs H M Rivai Mpd / Jainal Abidin

JAMBI – Tak hanya fokus pada pendidikan akademik umum, Yayasan Pendidikan Baiturrahim Jambi juga menanamkan pada anak didik tentang ilmu agama. Bahkan, setiap siswa di sekolah ini, diajarkan cara membaca dan menghapal Al-Qur’an.

Kini, para siswa Sekolah Dasar (SD) yang lulus dan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan naik ke kelas VIII, sudah akan khatam Al-Qur’an. Sekolah ini bahkan, secara khusus akan menggelar acara khatam Qur,an bagi para siswa tersebut 18 Mei mendatang.

Kepala Yayasan Baiturrahim Jambi melalui Sekretarisnya,  Drs H M Rivai Mpd mengatakan, hapalan Al-Qur’an memang masuk bidang studi pelajaran di sekolah ini.

Sebab, tak hanya materi akademik yang harus dikuasi siswa, pendidikan agama juga harus dimiliki setiap pelajar agar memiliki akhlakul karimah.

"Ini memang program yayasan untuk siswa SD dan SMP harus menyelesaikan hapalan Al Qur’an," ujarnya, Selasa (25/4).

Dijelaskannya, untuk siswa SD, diwajibkan menghafal Juz Amma. Menurut dia, hapalan Juz Amma itu juga sebagai syarat untuk kelulusan di sekolah.

Sedangkan untuk siswa SMPnya, diwajibkan menyelesaikan  hapalan Al-Qu'an sebagai syarat kenaikan Kelas VIII. "Mereka harus hapal sebelum naik ke kelas VIII," sebutnya.

Ia menyebutkan, untuk hapalannya sendiri setiap siswa diharuskan menyetor kepada gurunya ketika pelajaran tahfiz sedang berlangsung.

"Sistemnya mereka menyetor hapalan, sehingga dalam menyelesaikan hapalannya bertahap, hingga dipenghujung semester," jelasnya.

Ia mengatakan, untuk hapalan yang membedakan pada tingkat SD dan SMP, sudah disesuaikan dengan program pendidikan di sekolah. "Kalau SD ketentuannya surah-surah 10 ke bawah dalam Juz Amma, sedangkan SMP di atasnya," paparnya.

Selain kegiatan khatam Al-Qur’an untuk 11 siswa Kelas VI SD dan 148 siswa Kelas VII, kegiatan ini juga diawali dengan pawai keliling yang akan diikuti selurus siswa yayasan Baiturahim TK hingga SMK.

"Kalau siswa SD yang khatam jumlahnya 11 orang dan SMP 48 orang, tapi kalau pawai seluruh siswa dilibatkan," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments