Jumat, 4 Desember 2020

Bakal Calon akan Disurvei, Tim Kerinci Hilir Bersatu Klaim Tak Berpihak


Sabtu, 10 Juni 2017 | 10:52:46 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

KERINCI - Adanya kesepakatan mendukung satu calon bupati dari Kerinci Hilir membuat sejumlah bakal calon bupati semakin gencar melakukan sosialisasi. Di sisi lain, para tokoh dari Kerinci Hilir belakangan semakin banyak yang menyatakan kesediaannya maju di Pilkada Kerinci. Dengan fakta ini, sempat menyeruak rasa pesimistis dari sebagian kalangan bahwa pada akhirnya komitmen satu calon dari Kerinci Hilir bisa diwujudkan.

Seperti diketahui belum lama ini para tokoh Kerinci hilir telah membuat kesepakatan mendukung balon yang hasil survei tertinggi. Sejumlah nama disebut bakal maju sebagai calon Bupati Kerinci, diantaranya Tafyani Kasim, Candra Purnama, Zainal Abidin, Ruslan, Herman, dan Gusrizal.

Kesepakatan mendukung satu calon bupati dari Kerinci hilir ini sebelumnya telah ditandatangani dan disetujui oleh 9 tokoh termasuk bakal calon bupati dari wilayah Kerinci hilir. Disusul 4 tokoh yang baru tandatangani kesepakatan di Hotel Kerinci.

Koordinator Kerinci Hilir Bersatu Jafni, membenarkan sudah ada kesepakatan Kerinci Hilir akan mendukung satu calon. Nantinya untuk menentukan siapa yang akan didukung akan melalui mekanisme survei. Secara otomatis para bakal calon diminta bersaing meningkatkan popularitas maupun elektabilitas.

"Sesuai dengan isi pakta integritas, Kerinci Hilir akan mendukung satu calon bupati. Menentukan ini lewat mekanisme survei yang dilakukan oleh lembaga survei nasional yang dipercaya dan bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya, Jumat (9/6).

Dia mengklaim tim Kerinci hilir bersatu tidak memihak ke siapapun, tidak pula diarahkan kandidat manapun. Sehingga, kata dia, siapapun yang menoreh suara tertinggi dari survei nanti, maka itulah yang layak didukung masyarakat Kerinci hilir.

"Kita sudah minta calon untuk berlomba berpacu memperoleh suara tertinggi dulu. Sebelum survei oleh lembaga nasional yang rencananya akan dilakukan mulai Agustus 2017," jelasnya.

Saat ditanya tentang bagaimana nanti kalau bakal calon bupati dari wilayah hilir tak mendapat partai sebagai pengusung untuk maju Pilkada, Jafni mengatakan, akan disiapkan maju jalur perseorangan.

"Kalaupun tidak dapat partai kita siapkan jalur independen. Kita akan mengumpulkan KTP. Kami bekerja tidak untuk siapa-siapa, hanya untuk masyarakat," tambahnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments