Minggu, 12 Juli 2020

Waspada... Penyakit Jumbaran Serang Sapi di Sarolangun


Kamis, 13 Juli 2017 | 11:18:23 WIB


Peternak sapi diminta waspada penyakit
Peternak sapi diminta waspada penyakit / Luncai Hendri

SAROLANGUN - Para peternak sapi di Kabupaten Sarolangun harus waspada kemungkinan terjadinya penyakit pada ternak piaraannya. Baik itu penyakit menular maupun tidak.

Peternak diminta selalu memperhatikan dan menjaga makanan, kebersihan dan juga kandang ternak yang juga harus terkena sinar matahari.
Sebab, pada April dan Mei lalu, Dinas Perternakan Kabupaten Sarolangun menemukan penyakit menular mematikan yang dikenal dengan Jumbaran.

Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan Sarolangun Endang Supardi menyebutkan, dua bulan lalu ada sapi warga terserang penyakit Jumbaran. "Sedikitnya enam ekor sapi warga di Desa Tunjang Kecamatan Bathin VIII dan di Desa Bukit, Kecamatan Pelawan terserang penyakit ini," ujar Endang.

Dari segi medis, penyakit menular ini terbilang berbahaya. ‘’Penyebabnya bisa karea kandang tidak bersih, pakan ternak dan juga bisa dari nyamuk dan lalat,’’ jelasnya.

Penyakit ini, kata Endang jika tertangani dengan baik, ternak yang terserang bisa selamat. ‘’Jika tidak tentu akan mengakibatkan kematian," katanya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments