Sabtu, 15 Desember 2018

SMAN 3 Tanjabtim Mulai Terapkan K-13


Minggu, 06 Agustus 2017 | 21:27:50 WIB


/ Jay

JAMBI - Penerapan Kurikulum 2013 di sekolah mulai dilaksanakan tahun ini. Meskipun beberapa sekolah sudah lebih awal menerapkannya, namun beberapa sekolah lain memilih melakukan bertahap.

Seperti yang dilakukan SMAN 3 Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Di sekolah ini, baru siswa kelas X yang menggunakan kurikulum tersebut. Namun, kata Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMAN 3 Siti Rahma, S.Pdi, meskipun dalam pembelajarannya masih mengunakan KTSP, tapi konsepnya telah menerapkan K-13.

“Dengan K-13, siswa dibimbing belajar mandiri dengan didampingi tenaga pendidik,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan berupaya meningkatkan pendidikan siswa dengan berbenah dari segala aspek. “Karena itu, penerapan K-13 akan diterapkan bertahap di kelas XI dan kelas XII,” ujarnya.

Untuk persiapan penerapan K-13 ini, kata di, pihaknya melakukan pelatihan dan workshop pada tenaga pendidik, sehingga dalam sistem pembelajarannya sudah dipahami. "Sehingga bisa dengan baik memberikan pelajaran di kelas," sebutnya.

Dalam kegiatan siswa, sekolah yang berada di Kecamatan Nipah Panjang ini terus meningkatkan kegiatan seperti intra kulikuler, maupun ekstrakulikuler. "Seperti Pramuka, PMR, OSIS dan lain sebagainya. Kita juga selalu mewakili untuk perlombaan," ujarnya.

Selain itu, sekolah juga menyiapkan jaringan internet untuk pembelajaran siswanya, meskipun tidak berada di kota. Bahkan beberapa guru, telah mengunakan sistem pembelajaran mengunakan internet.

Sehingga nantinya, tambah Rahma, siswanya dapat bersaing dengan sekolah lain terutama sekolah favorit di kota. “Makanya kita siapkan sebaik mungkin siswa kita, dengan ilmu pengetahuan dan teknologi," jelasnya.

Dirinya menyebutkan, dengan penerapan K-13 ini, diharapkan SMAN 3 Tanjabtim mampu memajukan dunia pendidikan. Baik dari segi mutu, kualitas, dan karakter siswa serta tenaga pendidiknya sendiri.


Penulis: Jay
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments