Rabu, 15 Agustus 2018

Berkas Lengkap, Mantan Kades Sengkati Baru Segera ke Pengadilan


Kamis, 10 Agustus 2017 | 11:53:06 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

MUARABULIAN – Berkas kasus penggelapan Dana Desa Sengkati Baru sebesar Rp 60 juta oleh mantan Kades Sengkati Baru Herman Susilo, dinyatakan lengkap (P21) dan sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Muara Bulian, Rabu (10/8). Selanjutnya, berkas tersebut akan dilimpahkan.

Sebelumnya, Herman Susilo ditetapkan sebagai tersangka setelah tim penyidik Pidsus Sat Reskrim Polres Batanghari melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi yang mengetahui tindak pidana tersebut.

Dalam kasus ini, Herman Susilo diduga menggelapkan dana desa sebesar 60 juta. Uang tersebut merupakan bantuan dari Pemkab Batanghari untuk pembangunan dam pintu air yang ada di Desa Sengkati Baru.

Untuk pembangunan dam tersebut, Pemkab Batanghari sudah mentrasfer dana sebesar Rp 90.477.816, ke rekening Desa Sengkati Baru, namun dana tersebut tidak digunakan oleh Herman Susilo untuk pembangunan dam pintu air, melainkan digunakan untuk keperluan pribadinya.

Kasi Pidsus Kejari Muara Bulian, Hendra Hidayat SH membenarkan ada penyerahan berkas, barang bukti dan tersangka mantan Kades Sengkati Baru dari pihak kepolisian ke tim jaksa.

‘’Nilai kerugian Rp 60 juta dari total anggaran Rp 90 juta di kasus dugaan penyalahgunaan dana desa tahun 2017,’’ ujarnya.

Hendra menambahkan dalam kasus ini, pelaku dikenakan Pasal 2 ayat (1) UU Tipikor dengan ancana pidana penjara  minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun, denda paling sedikit 200 juta rupiah dan paling banyak 1 miliar rupiah.


Penulis: Junaidi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments