Kamis, 12 Desember 2019

Kotoran Hewan Penyebab Tingginya Kasus ISPA


Rabu, 16 Agustus 2017 | 11:25:48 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

MUARATEBO - Kasus penyakit ISPA dan diare di Tebo setahun terakhir meningkat. Penyebabnya adalah masih banyak kotoran hewan seperti sapi atau kerbau baik di jalan ataupun lingkungan sekitar rumah.

Semakin dibiarkan hewan ternak berkeliaran, tentu semakin membawa dampak buruk bagi masyarakat sekitar terutama untuk anak-anak.
Direktur Rumah STS Tebo Dr Ruqoyatul Himah Sp A menyebutkna, banyak penyakit yang menimpa anak usia dini disebabkan pengaruh lingkungan.

‘’Ternak seperti sapi atau kerbau yang berkeliaran di lingkungan masyarakat bisa menyebabkan penyakit yang sangat mengerikan bagi anak-anak,’’ Selasa (15/8).

"Mungkin hal seperti itu banyak disepelekan masyarakat kita, terutama pemerintah setempat. Padahal, ini sangat berbahaya bagi kehidupan kita," jelasnya.

Penyakit yang  dimaksud Ruqoyatul ini, adalah yang berasal dari kotoran hewan ternak. Di situ kata dia banyak lalat dan cacing, jadi wabah penyakitnya akan menyebar ke tengah masyarakat.

Untuk menghindari semua itu, sudah seharusnya pemerintah setempat memiliki cara mengatasinya. "Kasian sama anak-anak, masih bayi udah terkena penyakit ISPA dan diare," katanya.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments