Selasa, 24 November 2020

Peduli Kesehatan Anak Didik, SDN 01 Sediakan Kantin Sehat


Rabu, 06 September 2017 | 10:16:29 WIB


Kantin sehat SDN 01 Kota Jambi
Kantin sehat SDN 01 Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI – Guna mengantisipasi penyakit yang menimpa anak-anak, akibat jajanan yang tidak sehat di lingkungan sekolah, SDN 01 Kota Jambi menyediakan kantin sehat.

Kepala SDN 01, Yulita ZB mengatakan, kantin sehat ini dibangun karena jajanan yang ditawarkan kepada siswa-siswinya selama ini tidak memenuhi standar kesehatan. "Selama ini tempatnya kotor dan berbau," ujarnya belum lama ini.

Menurutnya, hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan warga sekolah, terutama anak didiknya, apabila kondisi ini dibiarkan terus menerus. "Dari jajanan tidak sehat, enyakit pasti mengintai dan sangat membahayakan anak-anak," katanya.

Selain itu, jajanan yang ditawarkan juga tidak memenuhi gizi anak-anak. "Seperti minuman bersoda, anak-anak tidak boleh mengkonsumsinya," ungkap Yulita.

Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan pengurus kantin yang selama ini menjajakan makanan di sekolah, untuk mendirikan kantin sehat. "Sehingga jajanan yang dijual bisa terkontrol," sebutnya.

Dikatakannya, untuk pendirian kantin sehat ini, sumber dananya berasal dari siswa. "Tiap hari siswa mengumpulkan recehan, 3 bulan pertama terkumpul Rp 17 jutaan, dan 3 bulan kedua Rp 9 jutaan," katanya.

Selain kantin sehat, SDN 01 juga menerapkan sekolah piloting, dengan melakukan sarapan sehat untuk anak didik, yang dilaksanakan dua kali seminggu.

Sekolah juga menerapkan terapi air putih kepada siswanya, dengan meminum air, setelah membaca doa, sebanyak tiga kali sehari. "Air ini dibawa sendiri oleh anak-anak dari rumah," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments