Rabu, 20 November 2019

Pembangunan 9 Irigasi Sudah 95 Persen


Kamis, 07 September 2017 | 10:11:54 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

MUARASABAK - Pembangunan Irigasi Daerah Rawa (IDR) yang diprioritaskan untuk bidang pertanian dan perkebunan di 9 titik di wilayah Tanjabtim, sudah mencapai 95 persen.

Kabid Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tanjabtim, Dedy Novrianika memperkirakan pekan depan pekerjaan ini bisa selesai. "Insya Allah pekan depan sudah 100 persen dikerjakan," ujarnya, Rabu (6/9).

Dijelaskannya, proyek 9 titik IDR ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017 senilai Rp 10 miliar. Ada yang dibangun baru dan ada juga yang rehab.

Dalam pembangunan IDR ini Dinas PU telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Tanjabtim. Tujuan pembangunan IDR ini untuk peningkatan hasil produksi di wilayah pertanian dan perkebunan.

"Daerah kita merupakan daerah rawa, ditambah lagi daerah pasang surut. Jadi irigasi yang baik sangat menentukan hasil produksi," jelasnya.
Dedy menyebutkan, sebenarnya dari DAK ini tidak sembarangan tempat untuk pembangunan irigasi, itu sudah ada aturannya dari pusat.

Kalau sesuai kriteria pusat, di Kabupaten Tanjabtim ini ada 30 wilayah yang bisa masuk irigasi DAK. "Jadi kita dapat 9 irigasi DAK. Sebenarnya tahun ini paling kecil kita dapat DAK," katanya.

Wilayah yang dibangun irigasi tersebut yaitu, Rantau Rasau, Telago Lima, Kota Harapan, Simbur Naik, Sungai Jambat, Mendahara Ilir, Penganyut, Pemusiran dan Parit Manado Muara Sabak Timur.

"Selain DAK, ada juga dua pembangunan irigasi melalui dana APBD Tanjabtim, yaitu di Sungai Beras dan di Parit Cina Kelurahan Sabak Ilir," sebutnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments