Kamis, 14 November 2019

Serapan Anggaran Enam OPD di Bawah 40 Persen


Kamis, 07 September 2017 | 11:02:00 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

MUARABULIAN -  Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Batanghari, mengklaim ada enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hingga Agustus 2017 serapan anggarannya di bawah 40 persen.

Ini diketahui setelah beberapa waktu lalu pihak BKD Batanghari mengadakan rapat evaluasi serapan anggaran belanja langsung semester pertama tahun 2017.

Enam OPD yang memperoleh raport merah ini terdiri dari Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, dengan serapan anggaran hanya 38,89 persen.
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dengan serapan mencapai 36,05 persen, Badan Penanggulangan Bencana Daerah mencapai 33,92 persen.

Selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup dengan serapan anggaran 33,32 persen, Dinas Perkebunan dan Peternakan dengan serapan 32,69 persen dan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, dengan serapan 29,19 persen.

Padahal serapan anggaran ini sebagai tolak ukur dan pemantau sejauh mana pekerjaan bisa direalisasikan oleh OPD yang ada.

"Beberapa dinas memang saat ini ada yang belum mencapai target. Ini menjadi warning, meskpun hasil nyatanya pada Oktober mendatang baru keluar," ujar Kabid Akuntansi dan Pelaporan BKD Batanghari, A Rahman Zamzami, Rabu (6/9).

Zamzami menambahkan, penyebab tidak tercapainya target serapan anggaran semester pertama ini karena sejumlah OPD masih dalam tahap tender. "Misalnya seperti Dinas PUPR, saat ini masih banyak dalam proses tender," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala BKD Batanghari M Azan tak menampik masih banyak OPD realisasi serapan anggaran belanja langsungnya masih di bawah rata-rata.


Penulis: Junaidi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments