Selasa, 12 November 2019

Padi Payo Kerinci Diusulkan Peroleh IG dari Kemenkumham


Kamis, 07 September 2017 | 11:57:09 WIB


/ Dedi

KERINCI - Setelah Casiavera dan Kopi Arabika Kerinci yang memperoleh Indikasi Geografis (IG) dari Kemenkumham RI, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci berupaya mengusulkan Padi Payo asal Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kerinci untuk memperoleh IG dari Kemenkumham RI.

Bahkan sejak Selasa (5/9) lalu, tim ahli IG dari Kemenkumham RI yakni Prof. Dr. Ir. Sugiono Moeljopawiro, MSc dan Ir. Sri Esti Haryati, MM, didampingi Kepala Seksi Pengawasan dan Pemantauan IG Subdit IG Kemenkumham RI Idris, ST, MSi bersama Balitbangda Provinsi Jambi, Bidang Litbang BP4D Kerinci dan Dinas Pertanian Kerinci turun ke lapangan menemui petani padi Payo.

Tim ini menemui petani dalam rangka pemeriksaan substantif terhadap permohonan Indikasi Geografis Padi Payo Lempur di sentra produksi Padi Payo Lempur, Kerinci.

"Tim Ahli ini menanyai langsung petani dalam rangka penyempurnaan buku yang telah disusun Balitbangda Provinsi Jambi, BP4D Kerinci dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kerinci," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kerinci, Yanizar.

Sebelumnya, pada waktu pengusulan IG bagi padi Payo Kerinci telah dipaparkan sejumlah data dan potensinya. Atas usulan tersebut tim penilaian Kemenkumham datang ke Kerinci.
Jika prosesnya berjalan baik dan lancar, maka pada 18 Desember 2017 mendatang, akan dijadwalkan sidang penetapan IG Padi Payo oleh Tim di pusat.

"Kita berharap usaha ini berhasil, untuk pencapaiannya perlu dukungan semua pihak termasuk masyarakat tani Kerinci," harapnya.

Bupati Kerinci H adi Rozal, saat menerima tim ahli IG yang difasilitasi DR Yannizar SE MSi, Kepala BP4D Kabupaten Kerinci, Radium Halis di rumah dinas mengaku gembira. Dalam pertemuan itu, tim ahli menjelaskan, bahwa IG Padi Payo Lempur Kerinci telah masuk pada tahap finalisasi.

Menurut Adirozal, penetapan IG sangat penting, karena dengan adanya IG padi payo, maka nantinya secara otomatis  harga beras Payo Lempur Kerinci akan mengalami peningkatan. Jika IG ini selesai, maka berarti Kerinci telah memiliki tiga komoditas yang memiliki IG.

"Sebelumnya kita telah memperoleh IG Cassiavera dan Kopi Arabika Kerinci. Tidak tertutup kemungkinan komoditas lainnya, seperti kentang, alpokat, manggis dan lainnya," tandasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments