Selasa, 15 Oktober 2019

Perpustakaan Daerah di Tanjabtim Sepi Pengunjung


Kamis, 07 September 2017 | 11:24:26 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

MUARASABAK - Minat baca siswa maupun masyarakat rendah menjadi penyebab keberadaan perpustakaan daerah di Kabupaten Tanjabtim sepi pengunjung.

Kondisi ini menjadi dilema tugas dan fungsi instansi Perpustakaan sebagai gudang ilmu dan penggerak masyarakat maupun pelajar dalam menumbuh kembangkan minat baca.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjabtim, Agus Sadikin mengakui bahwa saat ini perpustakaan umum daerah masih sepi pengunjung. "Saat ini perpustakaan masih sepi pengunjungnya," jelas Agus belum lama ini.

Menurutnya, ada beberapa faktor penyebab sepinya perpustakaan. ‘’Pertama masih rendahnya minat baca dan kedua letak perpustakaan yang
kurang strategis dikarenakan jauh dari sekolah-sekolah,’’ ujarnya.

Agus menambahkan untuk koleksi, perpustakaan Tanjabtim memiliki 28.500 eksemplar dan terdiri dari 8.000 judul buku. "Saat ini kami sudah memiliki mobil perpustakaan keliling dan inilah salah satu upaya memperkenalkan perpustakaan dan menumbuhkan minat baca setiap orang," katanya.

Dari tahun 2016, jumlah pengunjung dalam satu bulan hanya 400-700 pengunjung. Jika dikalkulasikan perharinya, pengunjung perpustakaan daerah ini hanya 15-25 orang.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments