Sabtu, 19 Oktober 2019

SMAN 1 Kota Jambi Ciptakan Sekolah Bersih dan Sehat


Kamis, 07 September 2017 | 14:01:50 WIB


Kepala SMAN 1 Kota Jambi, Evariana
Kepala SMAN 1 Kota Jambi, Evariana / Jainal Abidin

JAMBI – SMAN 1 Kota Jambi terus berupaya menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Inspiratifnya, sekolah ini juga memanfaatkan limbah menjadi bermanfaat untuk keperluan lain.

Kepala SMAN 1 Kota Jambi Evariana mengatakan, pihaknya mengajarkan siswa untuk memanfaatkan sampah menjadi kompos, sehingga bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman. "Ini sekaligus bagian dari belajar, yakni ilmu biologi dan kewirausahaan," ujarnya.

Ia berharap, siswanya tak hanya memahami teori, namun juga praktiknya. Sehingga pemahaman secara teori dapat diterapkan di lapangan. "Dari pengelolaan hingga menjadi kompos itu siswa yang melakukan, guru  hanya mendampingi," katanya.

Selain itu, kompos ini menjadi program sekolah yang mewujudkan sekolah Adiwiyata. "Baik dari lingkungan dan pemanfaatan sampah itu sendiri," ungkapnya.

Evariana menambahkan, sebelumnya SMAN 1 telah memiliki alat kompos, namun sempat mengalai kerusakan, sehingga mengganggu produksinya. "Tapi kini sudah diperbaiki dan sudah bisa digunakan kembali," ujarnya.

Selain kompos, pihaknya juga memanfaatkan sampah menjadi bahan daur ulang yang memiliki nilai jual. "Seperti tempat tisu, kotak ATK, dan kerajinan tangan lainnya," jelasnya.

Selanjutnya, ia berharap untuk ke depannya, siswa SMAN 1 dapat mengelola sampah menjadi lebih baik lagi. Sehingga memiliki nilai jual yang dapat di pasarkan ke masyarakat. “Kita juga berharap SMAN 1 memiliki keunggulan dalam pengelolaan sampah. Sehingga nilai jual kompos sekolah menjadi keunggulan tersendiri,” pungkasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments