Kamis, 14 November 2019

Tiap Sekolah Bakal Miliki Duta Kebhinekaan


Rabu, 13 September 2017 | 09:57:36 WIB


Bupati Tanjabtimur, Romi Hariyanto
Bupati Tanjabtimur, Romi Hariyanto / dok/metrojambi.com

MUARASABAK – Menindaklanjuti arahan Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto, terkait pentingnya wawasan kebangsaan dengan memperkokoh pendidikan karakter. Tiap sekolah tingkat SD dan SMP di Tanjabtim, akan dilakukan pemilihan duta kebhinekaan.

Pelajar yang dipilih sebagai duta kebhinekaan ini, nantinya diharapkan dapat memberikan wawasan kebangsaan kepada pelajar lain demi mewujudkan gerakan revolusi mental di kalangan pelajar.

Sebelumnya, dari hasil blusukan di tiap sekolah, Bupati Romi masih menemukan banyak siswa kurang paham seputar wawasan kebangsaan.
“Teknis pemilihan duta kebhinekaan sendiri, diserahkan kepada tiap sekolah. Namun pelajar yang dipilih sebagai duta kebhinekaan itu tentunya
memiliki wawasan kebangsaan yang luas dibanding pelajar lainnya,” ungkap Kadiknas Tanjabtim Feri Marjoni.

Pemilihan duta kebhinekaan di tiap sekolah ini, tidak hanya sekedar menjadi icon semata. Namun diharapkan kebijakan ini dapat merangsang pengetahuan pelajar seputar wawasan kebangsaan.

Feri mengakui tidak ada materi khusus yang diajarkan di sekolah terkait wawasan kebangsaan, karena materi ini biasanya terdapat dalam materi
pelajaran sejarah dan PPKN.

“Mudah-mudahan dengan adanya duta kebhinekaan ini, para pelajar di Tanjabtim khususnya tingkat SD dan SMP, dapat mewujudkan gerakan revolusi mental,” harapnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments