Kamis, 26 November 2020

Panen Hortikultura Sebabkan Deflasi Bulan Agustus


Senin, 11 September 2017 | 10:06:29 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa


"Deflasi bulan ini terutama disebabkan panen hortikultura yang ditandai dengan turunnya harga komoditas bawang merah, cabe rawit, dan bawang putih secara tahunan inflasi volatile food secara terendah yaitu 1,05%",'' katanya.

Kelompok administered prices juga tercatat deflasi sebesar 0,48%, dibandingkan dengan bulan lalu yang mengalami inflasi sebesar 0,07%(mtm). Deflasi administered price pada bulan ini disumbang oleh tarif angkutan udara dan angkutan antar kota, seiring selesainya masa liburan sekolah dan lebaran secara tahunan administered prices mencapai sebesar 9 ,31%.

Kata Agusman, inflasi inti tercatat sebesar 0,28% (mtm) sedikit meningkat dibandingkan pada bulan lalu sebesar 0,26%. Inflasi inti pada periode ini lebih rendah dibandingkan dengan inflasi inti Agustus 3 tahun terakhir yaitu 0,45%(mtm).

" kenaikan harga barang dalam kelompok ini terutama disumbang oleh uang sekolah ,garam ,emas perhiasan ,nasi dengan lauk ,tarif pulsa ponsel beberapa komponen upah dan rekreasi secara tahunan inflasi inti tercatat rendah yaitu 2,98% (yoy), terangnya.

Ke depan inflasi diperkirakan akan tetap terkendali dalam kisaran sasaran yang ditetapkan. Koordinasi kebijakan antara pemerintah baik pusat maupun daerah dan Bank Indonesia akan terus diperkuat dalam pengendalian inflasi, tutupnya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments