Kamis, 22 Oktober 2020

BI Terus Tingkatkan Koordinasi dalam Pemulihan Layanan ATM Bank


Selasa, 05 September 2017 | 11:00:09 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Bank Indonesia (BI) bersama Otoritas Jasa Keuangan terus meningkatkan koordinasi dengan lembaga terkait seperti Kementerian Komunikasi dan Informasi, perbankan, PT Telkom dan dalam pemulihan layanan ATM bank.

Analis Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Aya Sophia mengatakan, permasalahan layanan pada beberapa ATM bank terjadi sejak Jumat (25/8) sore akibat gangguan (anomali) pada satelit Telkom-1.

Saat ini pihaknya telah berkoordinasi meliputi langkah pemulihan dan antisipasi yang perlu ditempuh untuk mendukung kelancaran kegiatan sistem pembayaran di masyarakat.

“Perbankan telah melakukan langkah-langkah aksi berupa proses pemulihan dalam bentuk koordinasi dengan Telkom, penyampaian informasi kepada nasabah dalam bentuk pengumuman atau website, optimalisasi call center, dan menghimbau nasabah untuk melakukan transaksi melalui ATM yang tersedia di kantor cabang serta memanfaatkan jaringan ATM antar bank,” katanya.

Berdasarkan informasi perbankan, Aya menyampaikan sebagian ATM yang terganggu telah berfungsi kembali dan berharap seluruh kegiatan transaksi melalui ATM dapat berfungsi kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Dari sisi setelmen sistem pembayaran, Bank Indonesia memastikan bahwa sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), sistem kliring nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) berjalan normal,” jelasnya.

Ke depan, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan terus memonitor pelaksanaan proses pemulihan untuk memastikan kelancaran sistem
pembayaran, memenuhi kebutuhan masyarakat, dan menjaga perlindungan konsumen.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments