Senin, 30 November 2020

SMP Pelita Raya Rutin Gelar Field Trip


Senin, 11 September 2017 | 10:17:10 WIB


Siswa-siswi SMP Pelita Raya Kota Jambi saat berwisata ke Menara Gentala Arasy
Siswa-siswi SMP Pelita Raya Kota Jambi saat berwisata ke Menara Gentala Arasy / Jainal Abidin

JAMBI - SMP Pelita Raya Kota Jambi melakukan pembelajaran langsung ke lapangan atau field trip. Pembelajaran ini dilakukan dengan mengunjungi beberapa tempat sejarah atau tempat produksi yang memiliki pengetahuan.

Koordinator kegiatan field trip SMP Pelita Raya, Budi Ira Susanti mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan sekolah setiap tahunnya, dengan melakukan kunjungan langsung.

"Tujuannya agar siswa bisa belajar langsung dari sumbernya di lapangan," ujarnya, Sabtu (9/9).

Konsep pembelajaran ini dilakukan, agar siswa tidak bosen mengikuti pelajaran di dalam kelas. "Dengan suasana baru, siswa akan mudah menerima pelajaran," jelas Budi.

Untuk field trip tahun ini, siswa diajak mengunjungi tempat wisata di Jambi yang memiliki sejarah, dan tempat produksi pembuatan batik Jambi.

"Beberapa tempat yang kita kunjungi yakni, jembatan pedestarian, museum gentala, rumah batik, dan candi serta museum Candi Muarojambi,"
ungkapnya.

Ia berharap, dengan kegiatan seperti ini, siswa dapat mengembangkan pengetahuannya, tidak hanya di sekolah, tapi di luar sekolah juga. "Selain itu, masyarakat juga akan tahu, keberadaan Pelita Raya, dengan kegiatannya," katanya.

Sementara itu, Kepala SMP Pelita Raya, Id Bagus Putra mengatakan, kegiatan ini dilakukan, untuk menumbuh kembangkan kreatifitas siswa.
"Terutama dalam mengeksplor pengetahuan, tidak hanya di ruang kelas. Tetapi di luar," ungkap Bagus Putra.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments