Kamis, 24 Oktober 2019

Motivasi Siswa, SDN 01 Kota Jambi Terapkan Kelas Inspirasi


Senin, 11 September 2017 | 10:40:18 WIB


Kepala SDN 01, Yulita ZB
Kepala SDN 01, Yulita ZB / Jainal Abidin

JAMBI - SD Negeri 01 Kota Jambi, terus meningkatkan kualitas, dan mutu pendidikan siswanya. Salah satunya menerapkan kelas inspirasi, yakni mendatangkan orang yang sudah sukses, untuk memberikan motivasi kepada siswa.

Kepala SDN 01, Yulita ZB mengatakan, kelas inspirasi ini diterapkan, agar siswa mendapat motivasi diri, sehingga semakin percaya diri dalam mengembangkan kratifitas. "Terutama dalam kreatifitas akademik, maupun non akademik," ujarnya.

Selain itu, diharapkan siswa dapat melihat realitas yang ada di lapangan, mendengarkan langsung dari tokoh yang mengalaminya langsung. "Seperti pengusaha rongsokan yang memiliki Ertiga, yang dulunya memulung menggunakan gerobak," katanya.

Tidak itu saja, sekolah juga pernah mengundang beberapa orang sukses lainnya, sehingga siswa mendapatkan beberapa pengalaman dari tokoh yang diundang. "Semua ini agar siswa lebih semangat belajar dan banyak inspirasi," ungkapnya.

Selain itu, SDN 01 juga menerapkan sekolah piloting, penerapan ini sesuai pembelajaran di sekolah, yang telah menerapkan Kurikulum 2013 (K 13) kepada siswa.

Dikatakannya pola piloting ini dilakukan, seperti sekolah menerapkan sarapan pagi bersama kepada siswanya, sehingga siswa tidak dalam kondisi lapar, ketika mengikuti pelajaran.

Di samping itu, sekolah juga menerapkan terapi air putih kepada siswa, dengan mengkomsumsi air putih setiap hari, setelah membaca doa, sebanyak tiga kali sehari.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments