Sabtu, 17 April 2021

SMPN 4 Ajarkan Siswa Olah Sampah Jadi Kompos


Selasa, 24 Oktober 2017 | 11:33:52 WIB


Siswa SMP 4 Kota Jambi praktik pembuatan kompos dengan memanfaatkan sampah
Siswa SMP 4 Kota Jambi praktik pembuatan kompos dengan memanfaatkan sampah / Jainal Abidin

JAMBI - Pelajar SMP Negeri 4 Kota Jambi dilatih mengolah sampah menjadi kompos. Ini dilakukan sebagai bentuk praktik mata pelajaran prakarya atau keterampilan yang dikembangkan untuk mendukung Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH).

"Setiap siswa diberikan pelatihan tentang cara mengolah sampah menjadi kompos, sebagai pendidikan dini tentang lingkungan hidup," jelas Guru PLH SMPN 4, Ari Wardani, Senin (23/10).

Menurutnya, dalam pemilahan sampah dibedakan menjadi beberapa kategori yang bisa dimanfaatkan, seperti menjadi kompos. Mulai dari sampah basah dari dedaunan kering serta tumbuhan lainnya.

Dalam pengelolaannya sendiri, siswa diminta melakukan pengumpulan sampah dari lingkungan sekolah dan dijadikan satu. Lalu dilakukan pemilahan antara sampah organik dan non organik.

Untuk sampah non organik atau sampah plastik ini, sebut Ari, setelah dikumpulkan nantinya akan dijual ke pembeli yang datang mengambil sampah ke sekolah. "SMPN 4 juga masuk sekolah Bank Sampah," ungkapnya.

Selain itu, sekolah juga memanfaatkan sampah plastik, menjadi barang yang memiliki nilai jual di masyarakat atau hiasan sekolah yang indah dipandang mata. Karena itu, siswa juga diajarkan membuat kerajinan tangan dari sampah plastik itu.

Menariknya lagi, dalam pengelolaan sampah plastik ini, siswa juga membuat bantal yang bisa digunakan saat mengikuti camping atau perkemahan, sehingga tidak perlu lagi membawa bantal dari rumah.

Melalui kegiatan ini, siswa tampak sangat antusias mengikuti bahkan dengan pendidikan dalam pengelolaan sampah di lingkungan rumah juga terbawa. "Mereka lebih peduli dengan sampah untuk dimanfaatkan," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments