Jumat, 18 September 2020

Ajarkan Prinsip Ekonomi, SMA Al Azhar Ajak Siswa ke Pasar Tradisional


Rabu, 25 Oktober 2017 | 14:20:24 WIB


Siswa-siswi SMA Diniyah IT Al Azhar Jambi berbelanja di pasar tradisional
Siswa-siswi SMA Diniyah IT Al Azhar Jambi berbelanja di pasar tradisional / Jainal Abidin

JAMBI – Guna lebih memahami materi pelajaran yang disampaikan di kelas, SMA Diniyah IT Al Azhar Jambi juga mengajak siswanya turun ke lapangan.

Untuk materi pembelajaran ekonomi, SMA Diniyah IT Al Azhar mengajak siswa melihat kondisi transaksi jual beli di pasar tradisonal.

‘’Transaksi jual beli ini, merupakan bagian pengembangan pembelajaran materi ekonomi. Jadi kita ingin mengenalkan prinsip ekonomi di pasar kepada siswa,’’ ujar guru ekonomi SMA Diniyah IT Al Azhar Jambi, Eviza Fitrianti SE, Rabu (25/10).

Selain itu, siswa juga diajak bagaimana caranya transaksi jual beli, melakukan tawar menawar barang yang dibutuhkan, dengan penjual tersebut. "Selaku konsumen kita kan harus bisa menawar barang," jelasnya.

Menariknya saat turun ke pasar tradisional ini, siswa diberi modal dengan nominal sedikit, tetapi harus mendapatkan barang sebanyak-banyaknya.

"Dengan modal Rp 20 ribu, bagaimana mereka bisa belanja banyak. Jadi mereka harus pandai menawar, ini sesuai dengan prinsip ekonomi," katanya.

Selain itu, siswa juga diajak melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan penjual, sehingga mendapatkan ilmu baru di lapangan, yang tidak mungkin didapat dalam kelas.

Dengan turun ke pasar, melakukan transaksi jual beli, diharapkan siswa memahami manajemen keuangan. ‘’Siswa jadi tau mengatur uang sesuai kebutuhan,’’ ungkapnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments