Kamis, 22 April 2021

SMK TI Jambi Siapkan Pelaut Tangguh


Kamis, 26 Oktober 2017 | 13:33:56 WIB


/ Jainal Abidin

JAMBI - SMK Taruna Indonesia (TI) Jambi adalah satu-satunya sekolah pelaut di Provinsi Jambi. Sekolah ini mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang menyiapkan lulusan siap bekerja secara profesional di dunia pelayaran.

Kepala SMK TI Jambi, Ahmad Afandi mengatakan, SMK TI Jambi menjalankan pendidikan, dengan sistem pembelajaran yang bersifat boarding school.

"Siswa di asramakan, jadi pembinaannya bisa fokus dan maksimal. Segala aktivitas bisa kita lakukan di lingkungan sekolah dan asrama," ujarnya, Rabu (25/10).

Dijelaskan Afandi, SMK TI Jambi memiliki beberapa jurusan yang sudah diakui dan memiliki akreditasi, sehingga siap diterima di dunia kerja maupun perguruan tinggi.

Beberapa diantaranya yakni jurusan pelayaran nautika kapal niaga, teknika kapal niaga, TKR otomotif dan audio video.

Sekolah yang berada di kawasan Jalan Surya Dharma Kenali Asam Bawah ini juga menyiapkan calon pelayar yang memiliki karakter disiplin.
Sebab, selama menimba ilmu di sekolah, siswa dibina dengan sejumlah aktivitas yang sudah ditentukan dan terjadwal.

Di sekolah ini taruna-taruni SMK TI Jambi dibekali dengan wawasan kebaharian yang memiliki pengetahuan kelautan. Siswa, jelasnya, juga dimagangkan dan melakukan pelayaran di pelabuhan Pontianak.

Dikatakannya, setiap tahun sekolah dapat menampung sebanyak 150 hingga 200 siswa dari berbagai daerah di Provinsi Jambi. "Banyak peminatnya, bahkan ada yang datang dari luar Jambi," paparnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments