Kamis, 2 Juli 2020

Terapkan FDS, Sekolah Harus Ajukan Permohonan ke Disdik


Senin, 30 Oktober 2017 | 09:39:05 WIB


Kepala Disdik Provinsi Jambi, Agus Herianto
Kepala Disdik Provinsi Jambi, Agus Herianto / Jainal Abidin

JAMBI - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, mengingatkan sekolah yang akan menerapkan Full Day School (FDS), pada semester mendatang agar menyampaikan permohonan.

Kepala Disdik Provinsi Jambi, Agus Herianto mengatakan, sebelum menerapkan FDS, sekolah harus menyiapkan secara matang, baik perencanaan, maupun teknisnya. "Termasuk, mengajukan permohonan ke Disdik," ujarnya, Jum'at (27/10).

Dalam permohonan itu, sekolah harus melampirkan jadwal dan konsep pembelajaran FDS, sebagai syarat sekolah bisa melaksanakannya. "Nanti Disdik akan meniliti berkas yang diajukan sekolah," jelasnya.

Disdik juga akan melakukan evaluasi apakah sekolah tersebut efektif dalam menerapkan FDS atau justru sebaliknya. "Apakah ada perbedaan dari penerapan reguler sebelumnya. Terlebih, dalam penerapan pembelajaran yang disampaikan kepada siswa," ungkapnya.

Hasil yang dicapai melalui pembelajaran dan penerapan FDS, pihaknya akan membandingkan dengan penerapan Sebelumnya. "Antara regular dengan FDS akan dibandingkan," katanya.

Apabila dalam penerapan FDS berhasil, pihaknya akan menerapkan di seluruh satuan pendidikan, terutama sekolah rujukan. "Dengan menularkan program atau kebijakan, minimal 5 sekolah terdekat," ujar Agus.

Ia berharap, ketika FDS diterapkan sesuai aturan, dalam pendidikan karakter, pihaknya sangat mengapresiasi. "Terutama karakter kebudayaan Jambi yang akan dimasukkan dalam pelajaran Mulok," pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini sudah ada beberapa sekolah yang menerapkan FDS, yakni SMA Titian Teras, SMAN 2 Tanjab Timur, SMAN 1 Kuala Tungkal, SMAM 2 Batanghari, dan SMAN 5 Tebo.

Selain itu, SMAN 3 Sungaipenuh, SMAN 12 Merangin, SMAN 7 Sarolangun, SMAN 3 Tebo, dan SMAN 3 Kota Jambi. Sementara itu, sekolah yang berencana menerapkan FDS pada semester mendatang adalah SMAN 5 dan SMAN 10 Kota Jambi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments