Senin, 26 Agustus 2019

TK Pembina I Ajarkan Siswa Tekun dan Teliti


Kamis, 02 November 2017 | 11:05:52 WIB


Anak didik TK Pembina I saat belajar menempel pola gambar dengan dedaunan dan biji-bijian
Anak didik TK Pembina I saat belajar menempel pola gambar dengan dedaunan dan biji-bijian / Jainal Abidin

JAMBI – Banyak ragam pembelajaran dapat diterapkan kepada peserta didik di Taman kanak- kanak (TK) agar mereka mudah mengikuti kegiatan belajar.

Seperti yang dilakukan TK Pembina I Kota Jambi. Sekolah ini memanfaatkan bahan dari alam dengan menempel pola gambar dengan biji dan daun kering agar mudah dicerna anak didiknya.

Kepala TK Pembina I, Letti Eliani menyebutkan, kegiatan belajar seperti ini merupakan pembelajaran tema yang ada pada kurikulum pendidikan. "Salah satunya mengenalkan bahan alam kepada anak," ujarnya, Selasa (31/10).

Dalam metode belajar ini, siswa diajak melakukan kegiatan di luar ruangan. Di sini siswa diajak belajar menempel pola gambar di kertas dengan menggunakan biji atau daun kering yang didapat dari lingkungan sekitar.

"Mereka boleh memilih pola gambar dan bebas melakukan proses penempelan," paparnya.

Untuk kegiatannya sendiri, sebut Letti, peserta didik biasanya memanfaatkan rindangnya pepohonan dan menempel di bawah pohon itu. Sebab, kata dia, saat ini cuaca tidak mendukung, terkadang panas dan hujan.

Mengenalkan pendidikan anak di usia dini, diakui Letti, bukan perkara yang mudah, sehingga anak bisa mengikuti langsung. Menurutnya, butuh kesabaran dan ketekunan, sehingga anak bisa menerima.

Terlebih, lanjut dia, kegiatan menempel pola gambar bukan suatu proses yang gambang, butuh kejelian dan ketelitian anak, sehingga menghasilkan karya yang apik dan rapi. "Dari mereka mengambil lem dan menempelkan satu- persatu bahan, hingga menyerupai bentuk asli gambar. Itu sulit, maka dibutuhkan kesabaran," jelasnya.

Namun, sambungnya, dengan pembelajaran seperti ini, anak dapat terampil dan cakap melakukan sesuatu dengan memanfaatkan bahan alam dari sekitar lingkungannya. "Terlebih kalau sudah besar, bisa diteruskan kegiatan ini," ungkap Letti.

Selanjutnya ke depan, kata dia, selain sentra alam yang dikenalkan, peserta didik juga dapat mengenal sentra lainnya, seperti hewan, tumbuhan, makanan dan sentra lainnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments