Minggu, 15 Desember 2019

Perpustakaan SDN 47 Diharapkan Jadi Contoh Sekolah Lain


Senin, 06 November 2017 | 10:17:42 WIB


Suasana perpustakaan SDN 47
Suasana perpustakaan SDN 47 / Jainal Abidin

JAMBI - Penilaian akreditasi di SD Negeri 47 Kota Jambi, setelah lima tahun lalu dilakukan kembali dilakukan. Meski saat itu mendapat akreditasi A, namun ada catatan dari Tim Asesor dan Badan Akreditasi Nasional (BAN) sekolah/madrasah, dalam pelayanan sekolah, terutama perpustakaan.

Ketua BAN S/M Provinsi Jambi, M Syarif Gamal mengatakan, sebelum melakukan penilaian perpustakaan SDN 47, pihaknya telah mengarahkan untuk menyiapkan pembenahan lebih baik lagi. "Kalau dari prasarana perpustakaan SDN 47 sudah cukup baik," ujarnya, Jum'at (3/11).

Namun, dalam penilaiannya, masih ada beberapa buku yang dipajang salah dalam penempatan dan peletakannya, sehingga menyulitkan siswa mengambilnya. "Seharusnya disusun berdiri, tapi masih ada buku yang ditumpuk," jelasnya.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan dari segi prasarana, sekolah sudah menggunakan sistem online. "Jadi gampang, mencari buku yang dibutuhkan," ungkapnya.

Sementara untuk tenaga pengelola, diharapkan benar-benar menguasai soal perpustakaan, sesuai ilmu yang dibutuhkan. "Lulusan sarjana perpustakaan, dan ini sudah diterapkan SDN 47," sebutnya.

Nantinya, kata Gamal, perpustakaan SDN 47 menjadi percontohan sekolah lain, dalam meningkatkan perpustakaan sekolah baik dari prasarana maupun pelayanan.

Terpisah, Kepala SDN 47 Ansori menyebutkan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk akreditasi ini sajak jauh-jauh hari, dengan mempersiapkan berkas instrumen sebanyak 116 akreditasi yang akan dinilai.

"Kita juga melibatkan, guru, siswa, dan orangtua siswa dalam menyiapkan akreditasi ini," jelasnya.

Menurutnya, apa yang jadi penilaian tim asesor akan segera ditindaklanjuti dan dilaksanakan, sehingga bermanfaat 5 tahun ke depan. "Semua ini untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments