Sabtu, 19 Oktober 2019

Siswa SLB Sri Soedewi Dilatih Mandiri


Sabtu, 04 November 2017 | 10:21:05 WIB


Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Jambi dilatih mandiri
Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Jambi dilatih mandiri / Jainal Abidin

JAMBI - Sekolah Luar Biasa (SLB) Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Jambi, melatih siswa untuk mandiri dalam melakukan kegiatan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain, seperti berlatih menyikat gigi dengan baik dan benar.

Kepala SLB Sri Soedewi Jambi, Solbi menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan pihak terkait, untuk membantu siswa dalam kemandirian diri. "Kali ini, kerjasama kita dengan Perguruan Tinggi Poltekes Jambi," ujarnya Jum' at (3/11).

Menurutnya, siswa yang dilatih menyikat gigi ini dari kelas III hingga kelas VI. Mereka diajarkan membiasakan diri menyikat gigi dengan baik secara mandiri, tanpa melibatkan orang lain disekitarnya. "Agar nantinya, siswa kita tidak ketergantungan dengan orang lain," katanya.

Selain melibatkan pihak luar, kegiatan menyikat gigi ini biasa dilakukan guru pemdamping siswa, yang dilakukan di kelas setiap harinya.
Bukan hanya menyikat gigi, kegiatan lain juga diharapkan mampu dilarkukan sendiri, baik kegiatan di sekolah, maupun di rumah. "Seperti mengenakan pakaian, memasang sepatu dan lain sebagainya," paparnya.

Dikatakannya siswa yang mengenyam pendidikan di SLB, memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. "Ada yang tuna netra dan tuna daksa, serta tuna rungu, tuna wicara. Jadi kebutuhannya berbeda-beda," katanya.

Makanya, kata Solbi, pihaknya harus maksimal dalam melayani siswa, baik dalam prasarana sekolah, maupun pendidikan, seperti tenaga guru yang mengajar.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments